Terduga Teroris Asal Majalengka Didanai Asing

Whisnu Mardiansyah    •    Jumat, 25 Nov 2016 18:25 WIB
terorisme
Terduga Teroris Asal Majalengka Didanai Asing
Terduga teroris asal Majalengka. Antara Foto/Reno Esnir

Metrotvnews.com, Jakarta: Densus 88 menemukan bukti sumber pendanaan teroris asal Majalengka berinisial RPW berasal dari luar negeri. Dana diduga dikirim lewat tenaga kerja Indonesia yang teradikalisasi.

"Dana dari Arab Saudi, Taiwan, dan Malaysia," kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Mabes Polri Kombes Rikwanto di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (25/11/2016).

Rikwanto mengatakan, RPW diduga teradikalisasi oleh tulisan terpidana terorisme Omar Abdurrahman tentang takfiri, thagut, dan demokrasi. Di sisi lain, RPW hobi mencoba sesuatu dan meneliti. RPW belajar membuat peledak dari dunia maya.

"Yang bersangkutan pernah kuliah, namun tidak tamat.  Dia bertani, karena dia memang pernah sekolah di pertanian. Di tengah kesibukannya, dia membuat laboratorium sendiri karena hobi," jelas Rikwanto.

RPW ditangkap di Desa Girimulya, Kecamatan Banjaran, Kabupaten Majalengka, 23 November. Diduga, RPW dalam jaringan teroris Bahrun Naim.

RPW terancam dikenakan Undang-Undang tentang Terorisme, yaitu melakukan pemufakatan jahat dengan melawan hukum membuat, menyimpan, dan menguasai bahan peledak dengan maksud akan digunakan untuk tindak pidana terorisme.


(TRK)