KPK Sambut Baik Aturan Hadiah Pelapor Korupsi

Juven Martua Sitompul    •    Selasa, 09 Oct 2018 22:44 WIB
kasus korupsi
KPK Sambut Baik Aturan Hadiah Pelapor Korupsi
Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Febri Diansyah. Foto: MI/Susanto.

Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyambut baik diterbitkannya Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 43 Tahun 2018. Diharapkan, aturan ini bisa memaksimalkan pelaporan tindak pidana korupsi ke lembaga penegak hukum, khususnya KPK.

Beleid ini mengatur peran pelaksanaan masyarakat dan pemberian penghargaan dalam pencegahan serta pemberantasan tindak pidana korupsi. Dalam PP ini juga, pelapor informasi dugaan korupsi kepada penegak hukum bakal diberikan penghargaan berupa piagam, termasuk uang sebanyak Rp200 juta.

"Saya kira positif kalau memang ada peningkatan kompensasi terhadap pelapor," kata juru bicara KPK Febri Diansyah di Gedung KPK, Jakarta, Selasa, 9 Oktober 2018.

Febri mengaku belum membaca secara lengkap PP yang diteken Presiden Joko Widodo dan diundangkan oleh Kementerian hukum dan HAM (Kemkumham) pada 18 September 2018 tersebut. Namun, KPK ikut menyusun aturan itu.

Baca juga: Pelapor Kasus Korupsi Diganjar Rp200 Juta

Febri berharap pemberian hadiah harus dilakukan secara tertutup. Mengingat, setiap pelapor memiliki hak perlindungan. Dia mencontohkan salah satu saksi dan ahli perhitungan kerugian lingkungan Basuki Wasis yang digugat Rp1 triliun oleh mantan Gubernur Sulawesi Tenggara Nur Alam di Pengadilan Negeri Cibinong.

Basuki merupakan saksi ahli yang menghitung adanya kerugian negara sebesar Rp2,7 triliun akibat kegiatan pertambangan nikel yang dilakukan PT Anugrah Harisma Barakah (AHB) di Pulau Kabaena, Sulawesi Tenggara.

"Ini tentu berisiko menimbulkan rasa takut kepada ahli yang sedang digugat sekarang di PN Cibinong," ucapnya.

"Nah kami harap pengadilan juga punya concern yang sama untuk perlindungan pelapor, saksi, dan ahli tersebut agar pemberantasan korupsi lebih maksimal," pungkasnya.


(HUS)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

4 days Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA