Rumah Densus Tipikor di Kompleks Polda Metro

Juven Martua Sitompul    •    Senin, 07 Aug 2017 20:01 WIB
densus tipikor
Rumah Densus Tipikor di Kompleks Polda Metro
Gedung Polda Metro Jaya. Foto: NTMC Polri.

Metrotvnews.com, Jakarta: Mabes Polri telah menyiapkan gedung enam lantai untuk kantor Detasemen Khusus Tindak Pidana Korupsi (Densus Tipikor). Gedung Densus Tipikor itu berlokasi di Polda Metro Jaya.
 
"Kita sudah siapkan gedungnya enam lantai di PMJ," kata Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto di Komplek Mabes Polri, Jakarta, Senin 7 Agustus 2017.

Baca: Pembentukan Densus Tipikor Jangan Membenturkan Kewenangan Antar-Penegak Hukum

Tak hanya itu, Setyo mengaku telah merancang program dan progres Densus Tipikor. "Kita sedang merancang dan upayakan paling tidak akhir tahun (selesai)," ujarnya.
 
Untuk jumlah personel, Setyo masih menutup rapat-rapat. Dia menjelaskan, kemungkinan besar akhir tahun Densus Tipikor sudah terbentuk dan siap menjalankan tugasnya.
 
Densus Tipikor memiliki fungsi yang sama seperti KPK. Semua kasus tipikor bisa diusut, bahkan Densus Tipikor bisa berkoordinasi dengan KPK untuk menuntaskan satu perkara rasuah.
 
"Menangani seluruh kasus yang ada. Nanti kalau kasus yang diharapkan ditangani oleh KPK kita lakukan apa namanya kordinasi dan asistensi oleh KPK," ucap dia.
 
Baca: Wacana Densus Tipikor Polri Alarm bagi Kejaksaan

Jenderal bintang dua ini mengungkapkan, bahwa Densus Tipikor bekerja di bawah kendali Kapolri Jenderal Tito Karnavian. Selain itu, dia juga berharap banyak anggaran Densus Tipikor sama dengan KPK.
 
"Aturan sudah jelas diharapkan densus itu dibawah langsung kendali kapolri dengan anggaran yang disamakan KPK, termasuk personel kita akan dikendalikan oleh pusat," kata Setyo.




(FZN)