Polri Antisipasi Ancaman Teror pada 17 Agustus

Juven Martua Sitompul    •    Rabu, 09 Aug 2017 18:07 WIB
hut kemerdekaan
Polri Antisipasi Ancaman Teror pada 17 Agustus
Kepala Divisi Humas Polri Inspektur Jenderal Setyo Wasisto. MTVN/ Lukman Diah

Metrotvnews.com, Jakarta: Polri sudah mengantisipasi ancaman atau serangan dari kelompok tertentu pada 17 Agustus 2017. Sejumlah pengamanan untuk serangkaian kegiatan perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia sudah disiapkan. 

"Kita sedang melakukan assessment. Tapi yang jelas itu masuk kalender kamtibmas. Kalender kamtibmas adalah kegiatan-kegiatan masyarakat yang berulang setiap tahun, sehingga Polri sudah menyiapkan pengamanan," kata Kadiv Humas Polri Irjen Setyo Wasisto di Komplek PTIK, Jakarta, Rabu 9 Agustus 2017.

Setyo menyebut, selain kesiapan pengamanan oleh Polri di wilayah tertentu, masyarakat diminta aktif. Masyarakat harus meningkatkan kewaspadaan. 

"Kalau di tempat-tempat hiburan, tempat wisata kami mengharapkan di situ ada aparat keamanan setempat mohon kerja sama dengan baik dengan pihak keamanan dengan TNI Polri di sekitarnya," ujar dia.

Jenderal bintang dua itu mengimbau masyarakat untuk tidak takut atau merasa khawatir dengan ancaman kelompok-kelompok tertentu. Di sisi lain, warga juga tidak boleh menganggap enteng ancaman tersebut.

Sementara kepada anggota Polri, dia menyarankan untuk tidak segan menggunakan senjata bila menemukan gerakan yang mencurigakan. Polri mempersilakan anggotanya mengambil langkah tegas terhadap terduga teroris.

"Oleh sebab itu kita harus tetap waspada dan instruksi pimpinan Polri body sistem kalau ada senjata di kesatuan ya pakai senjata. Kalau mencurigakan, ya kita menggunakan senjata itu. Jangan sampai senjata itu direbut," kata Setyo.




(REN)