Kabareskrim: Promo Umrah First Travel tak Masuk Akal

M Sholahadhin Azhar    •    Jumat, 11 Aug 2017 11:05 WIB
penipuanibadah umrah
Kabareskrim: Promo Umrah First Travel tak Masuk Akal
Kabareskrim Komjen Ari Dono Sukmanto. Foto: MTVN/Nur Azizah.

Metrotvnews.com, Jakarta: Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri Komjen Ari Dono Sukmanto melihat ada yang tidak masuk akal dalam penawaran promo umrah biro perjalanan First Travel. Polisi pun terus mendalami dugaan penipuan yang dilakukan direksi First Travel. 

"Untuk bisa memberangkatkan umrah dengan harga yang murah, ternyata enggak bisa berangkat. Coba kalau kita hitung saja ongkos normal PP (pergi-pulang) ke Mekah kan tidak realistis, sesuatu yang tidak mungkin. Itulah yang akan kita teliti untuk pemenuhan unsur delik penipuan," kata Ari di Kantor Kemendagri, Jakarta Pusat, Jumat 11 Agustus 2017.

First Travel menawarkakn paket promo umrah ke Tanah Suci dengan harga Rp14,3 juta. Nominal itu jauh lebih murah jika dibandingkan umrah reguler seharga Rp20 juta lebih.

Bareskrim pun tengah mencari celah untuk menjerat tersangka dengan pasal tindak pidana pencucian uang (TPPU). "Jadi selain dia melakukan penipuan, uang itu disimpan sengaja atau didistribusikan ke yang lain supaya bisa digunakan," kata Ari.

Pasal berlapis bertujuan agar biro perjalanan lain tak berbuat hal yang sama. Hal ini diharapkan menjadi pelajaran supaya semua pihak tak mudah memberikan promo yang tak bisa dipertanggungjawabkan. 

Baca: Salah Satu Rekening First Travel Hanya Berisi Rp1,3 Juta

Namun, Ari belum bisa bicara banyak soal rincian tentang aliran dana para calon jemaah umrah yang jumlahnya ribuan ini. Prinsipnya, Bareskrim terus mendalami permasalahan dan melacak ke mana arah uang calon jemaah.

Sebelumnya, Bareskrim Polri menangkap Andika Surachman dan istrinya Anniesa Desvitasari Hasibuan yang merupakan direktur utama dan direktur PT First Anugerah Karya Wisata (First Travel). Penangkapan ini didasari laporan agen dan calon jemaah dengan delik penipuan yang diduga dilakukan direksi First Travel.


(OGI)