Novanto Serahkan Rekening ke KPK

Juven Martua Sitompul    •    Senin, 10 Sep 2018 17:50 WIB
korupsi e-ktpsetya novanto
Novanto Serahkan Rekening ke KPK
Setya Novanto/MI/Bary Fathahilah

Jakarta: Mantan Ketua DPR RI Setya Novanto menyerahkan rekening miliknya kepada Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Rekening diserahkan untuk membayar uang pengganti sebanyak Rp66 miliar terkait korupsi KTP-el.

"KPK saat ini sedang berkoordinasi dengan perbankan karena pihak SN telah memberikan surat kuasa terkait uang yang disimpan di salah satu bank," kata juru bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Senin, 10 September 2018.

Novanto menyatakan bakal melunasi uang pengganti USD7,3 juta dikurangi Rp5 miliar yang sudah lebih dulu dititipkan ke penyidik KPK. Sisanya dibayar bertahap.

Baca: Irvanto Didakwa Memperkaya Setya Novanto US$7,3 Juta

Salah satunya, Novanto mulai mencicil uang pengganti USD100 ribu pada Mei 2018. Febri mengatakan, jika uang dalam rekening tidak mencukupi, jaksa eksekutor dapat melakukan tindakan lain.

Salah satunya menyita aset milik terpidana korupsi KTP-el itu. Hal itu dilakukan untuk memenuhi kewajiban uang pengganti.

Pengadilan Tipikor Jakarta telah menjatuhkan vonis 15 tahun penjara kepada Setya Novanto. Selain hukuman pidana penjara, Novanto juga didenda Rp500 juta subsider 3 bulan kurungan.

Novanto juga dituntut majelis hakim membayar uang pengganti USD7,3 juta dikurangi uang yang telah dikembalikan Rp5 miliar subsider 2 tahun kurungan. Majelis hakim menjatuhkan pidana tambahan berupa pencabutan hak politik Novanto selama 5 tahun.


(OJE)