83 Juta Meter Persegi Lahan Milik Polri Belum Bersertifikat

Ilham wibowo    •    Jumat, 17 Mar 2017 12:27 WIB
sertifikat tanah gratis
83 Juta Meter Persegi Lahan Milik Polri Belum Bersertifikat
Kapolri Jenderal Tito Karnavian bersama Menteri ATR Sofyan Djalil/MTVN/Ilham Wibowo

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Badan Pertanahan Nasional (BPN) mencatat puluhan juta meter persegi lahan milik Polri yang tersebar di seluruh Indonesia belum bersertifikat. Imbasnya, bangunan Polri pada lahan tersebut dinilai belum memiliki kekuatan hukum kuat.

Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengatakan, salah satu dampaknya terjadi pada pembangun gedung baru Polda Sulawesi Tenggara. "Ada 83 juta meter persegi tanah Polri yang belum disertifikasi. Ada beberapa polda baru seperti Polda Sulawesi Tenggara, bangunan sudah dibangun tetapi (lahan) belum disertifikasi sehingga belum ditempati," kata Tito di Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat 17 Maret 2017.

Tito menjelaskan, pembangunan Sekolah Polisi Negara (SPN) tak bisa dilakukan karena persoalan yang sama. Pembangunan, kata bekas Kepala BNPT itu, memerlukan sertifikat sah.

Dalam kesempatan yang sama, Menteri ATR Sofyan A Djalil mengatakan, pemerintah segera mengambil langkah. "Tanah Polri di seluruh Indonesia yang belum bersertifikat kita akan percepat sehingga pembangunan kantor mendapat kepastian hukum aset Polri," ujar Sofyan.

Menurut dia,  percepatan sertifikasi aset Polri telah direncanakan dalam nota kesepakatan. Polri diharapkan juga bisa memberantas mafia pertanahan.

"Mudah-mudahan koordinasi Polri ini bisa menghilangkan berbagai kendala di lapangan," ujar dia.

Percepatan juga bakal dilakukan untuk lahan milik lembaga pemerintahan lain, seperti TNI dan perusahaan BUMN.


(OJE)

Karangan Bunga untuk Ahok-Djarot Penuhi Balai Kota

Karangan Bunga untuk Ahok-Djarot Penuhi Balai Kota

58 minutes Ago

Metrotvnews.com, Jakarta: Puluhan karangan bunga warna-warni memenuhi halaman Balai Kota DKI Ja…

BERITA LAINNYA