MK Memilih Ketua Baru

Faisal Abdalla    •    Jumat, 14 Jul 2017 11:08 WIB
mahkamah konstitusi
MK Memilih Ketua Baru
Gedung MK. Foto: Antara/Hafidz Mubarak.

Metrotvnews.com, Jakarta: Mahkamah Konstitusi (MK) menggelar rapat pleno pemilihan ketua MK periode 2017-2020. Hal tersebut dilakukan seiring berakhirnya masa jabatan Arief Hidayat sebagai ketua MK tepat hari ini. 

Kepala Biro Humas MK Rubiyo mengatakan, sembilan hakim MK akan bermusyawarah untuk memilih ketua MK baru. Hal itu telah dimulai sejak pukul 08.30 WIB.

"Kalau tidak tercapai keputusan secara aklamasi, maka akan dilakukan pemilihan dengan sistem voting," ujar Rubiyo di Gedung Mahkamah Konstitusi, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat 14 Juli 2017. 

Sembilan hakim konstitusi yang memiliki kesempatan sama untuk memilih dan dipilih. Mereka adalah Arief Hidayat, Anwar Usman, Aswanto, Maria Farida Indrati, Waiduddin Adam, I Dewa Gede Palguna, Suhartoyo, Manahan Sitompul, dan Saldi Isra. 

Melalui sistem voting, lanjut Rubiyo, ketua baru MK setidaknya harus dipilih dengan jumlah suara 50 persen plus satu. "Jadi kalau hasilnya belum terpenuhi 50 persen plus satu, akan diadakan voting putaran kedua dan seterusnya," terang Rubiyanto.

Sesuai dengan Undang-Undang Nomor 8 tahun 2011 tentang Perubahan UU Nomor 24 Tahun 2003 tentang Mahkamah Konstitusi, masa jabatan ketua terpilih MK adalah selama dua tahun enam bulan.  Sementara itu, Arief Hidayat yang baru menjabat ketua MK selama satu periode, memiliki kesempatan untuk terpilih kembali di periode kedua. 

Baca: Kinerja MK Dinilai Menurun

Hingga berita ini ditulis, sidang pleno pemilihan ketua MK periode 2017-2020 masih berjalan. Pengucapan sumpah ketua terpilih MK rencananya juga akan dilakukan hari ini.

"Pengambilan sumpah juga akan dilakukan hari ini pukul 14.30 WIB di ruang sidang pleno lantai dua. Akan dihadiri oleh pimpinan lembaga negara dan kementerian beserta seluruh pejabat dan karyawan di lingkungan MK sendiri," pungkas Rubiyo. 




(OGI)

Penyakit Novanto Kembali Bertambah

Penyakit Novanto Kembali Bertambah

1 hour Ago

Setyo menduga vertigo yang diderita Novanto berasal dari penyakit sinusitisnya.

BERITA LAINNYA