Bong Parnoto Tak Kunjung Ditahan, Anggota Komisi III DPR Bakal Telepon Polisi

   •    Jumat, 15 Sep 2017 01:32 WIB
pemalsuan dokumen
Bong Parnoto Tak Kunjung Ditahan, Anggota Komisi III DPR Bakal Telepon Polisi
Anggota Komisi III DPR Junimart Girsang (kedua kanan baju putih). (Foto: Antara/Rosa Panggabean).

Metrotvnews.com, Jakarta: Anggota Komisi III DPR Junimart Girsang akan segera menghubungi pejabat Polri untuk mempertanyakan perkembangan kasus pemalsuan dan pencurian dokumen pengalaman kerja PG Teralindo Lestari. Pasalnya, hingga kini Managing Direktur PT Rajawali Bong Parnoto tak kunjung ditahan meski sudah dijerat Pasal 263 KUHP dengan ancaman hukuman enam tahun penjara.

"Kalau memang ancaman hukuman di atas enam  tahun, saya akan telepon Kabareskrim dan juga Jampidumnya," tegas Junimkart saat dihubungi wartawan, Jakarta, Kamis 14 September 2017.

Sementara itu, Direktur Pusat Kajian Kepolisian (Lemkapi) Edi Hasibuan turut mempertanyakam kinerja kepolisian yang tidak juga dilakukan penahanan. Selain terjerat dalam kasus penipuan, Bong juga sudah dilaporkan dalam laporan lain yang diduga melibatkan Bong terkait pelanggaran Pasal 130 UU Nomor 14 Tahun 2001 tentang Paten dengan Laporan Polisi No: LP/560/VI//2016, tanggal 3 Juni 2016.

(Baca juga: Wakapolri Segera Evaluasi Penahanan Bong)

Bong juga dilaporkan dalam kasus tindak pidana penipuan berdasarkan Laporan Polisi No: LP/848/VIII/2016/Bareskrim, tanggal 20 Agustus.

"Jika semua bukti cukup dan untuk hindari adanya diskriminasi hukum, saya kira sudah selayaknya tersangka Bong ditahan," tegas Edi.

Edi mendesak agar pejabat Polri bisa lebih independen dalam menangani setiap kasus. Ini karena tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Polri semakin menurun.

"Kabareskrim harus transparan agar tidak ada kecurigaan masyarakat jika kasusnya mendapat perlakuan khusus," pungkas dia.


(HUS)