Hakim Menolak Eksepsi Saipul Jamil

Surya Perkasa    •    Kamis, 18 May 2017 16:59 WIB
kasus suap
Hakim Menolak Eksepsi Saipul Jamil
Saipul Jamil bersiap menjalani sidang perdana di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Rabu (26/4/2017). Foto: MI/Arya Manggala

Metrotvnews.com, Jakarta: Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta menolak seluruh nota keberatan (eksepsi) Saipul Jamil. Hakim memutuskan melanjutkan proses persidangan kasus dugaan suap Rohadi, panitera Pengadilan Negeri Jakarta Utara.

"Menyatakan dakwaan JPU sah. Jadi memerintahkan melanjutkan perkara ini dan mengadili tindak pidana korupsi dan melanjutkan perkara sampai putusan akhir," kata Ketua Majelis Hakim Baslin Sinaga di Pengadilan Tipikor Jakarta, Kamis 18 Mei 2017.

Persidangan selanjutnya, mulai Rabu 24 Mei, jaksa akan menghadirkan saksi untuk memberikan keterangan. Jaksa juga meminta hakim menetapkan jadwal sidang agar saksi-saksi bisa dihadirkan.

"Kami mohon karena sebagian saksi ada di rutan atau di lapas," ujar jaksa.

Ipul, sapaan Saipul, diduga memberi suap ke Rohadi melalui kakaknya, Samsul Hidayatullah, dan dua kuasa hukumnya, Berthanatalia Ruruk dan Kasman Sangaji. Kasus ini terungkap saat tim KPK menangkap tangan Rohadi dan Berthanatalia pada Juni 2016.

Hasil pengembangan menyeret Ipul. Suap kepada Rohadi diduga untuk mempengaruhi vonis hakim terhadap Ipul dalam kasus dugaan pelecahan seksual.

Dalam kasus pelecehan seksual, majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Utara yang dipimpin Ifa Sudewi memvonis Ipul 3 tahun penjara berdasarkan Pasal 292 KUHP, lebih rendah dari tuntutan tujuh tahun dan denda Rp100 juta subsider 6 bulan kurungan.


(TRK)