Pemkab Lamteng Semula Ajukan Pinjaman Rp700 Miliar

Fachri Audhia Hafiez    •    Senin, 09 Jul 2018 18:28 WIB
Suap Bupati Mustafa
Pemkab Lamteng Semula Ajukan Pinjaman Rp700 Miliar
Sidang lanjutan terdakwa suap anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lampung Tengah, Rusliyanto - Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez.

Jakarta: Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Lampung Tengah, Mardani mengungkapkan, pemerintah Kabupaten Lampung Tengah mengajukan pinjaman Rp700 miliar pada PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI). Namun, pada akhirnya angka itu dikurangi. 

"Setelah proses surat menyurat kita minta pengajuan Rp700 miliar ke PT SMI," beber Mardani saat bersaksi buat terdakwa anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Lampung Tengah, Rusliyanto di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin, 9 Juli 2018.

Mardani mengakui pengajuan Rp700 miliar tanpa konsultasi. Namun, PT SMI hanya mampu memberikan pinjaman Rp300 miliar. 

"Setelah ada hasil perhitungan kemampuan keuangan daerah maka diberikan Rp300 miliar," beber Mardani.

(Baca juga: Saksi dapat Rp100 Juta Urus Pinjaman untuk Pemda Lamteng)

Mardani menyebut rencana pinjaman dana Pemkab Lampung Tengah untuk pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan sejak tahun 2015. Pinjaman ini bermula ketika Pemkab Lampung Tengah bersama beberapa kabupaten rapat di Jakarta dan dikenalkan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) untuk meminjam dana di PT SMI.

"Ada pertemuan seluruh kabupaten rapat di Jakarta. Dikenalkan oleh Kemenkeu adalah PT SMI yang merupakan BUMN dengan bunga rendah," ujar Mardani.

Proses pinjaman itu, kata Mardani, melalui konsultasi dengan Kementerian Keuangan dan Kementerian Dalam Negeri. Berdasarkan hasil konsultasi, Pemkab Lampung Tengah dimungkinkan untuk menerima pinjaman dana.




(REN)

Aset Novanto Terancam Disita KPK

Aset Novanto Terancam Disita KPK

10 hours Ago

Penyitaan dilakukan untuk membayar sisa uang pengganti kerugian negara atas korupsi KTP-el, yan…

BERITA LAINNYA