Rohadi Minta Hakim Ifa Dijemput Paksa

Surya Perkasa    •    Jumat, 16 Jun 2017 04:56 WIB
kasus suap
Rohadi Minta Hakim Ifa Dijemput Paksa
Hakim Ifa Sudewi ((kiri) bersama kakak Saipul Jamil, Samsul Hidayatullah (kanan), menjadi saksi dalam sidang lanjutan kasus suap kepada Panitera Jakarta Utara Rohadi di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis (29/9). Foto: Antara Foto/ Rosa Panggabean

Metrotvnews.com, Jakarta: Mantan Panitera PN Jakarta Utara Rohadi meminta Ketua Majelis Hakim kasus pencabulan Saipul Jamil, Ifa Sudewi didatangkan dalam sidang. Jika tak datang, Rohadi mendesak supaya hakim menjemput paksa Ifa.

"Harus hadir dia. Kalau nggak, panggil paksa," tegas Rohadi usai diperiksa penyidik di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Kamis 15 Juni 2017.

Ifa seyogyanya akan dikonfrontir dengan pengacara Saipul, Berthanalia Rukruk Kariman dan Rohadi pada Rabu, 14 Juni 2017 di Pengadilan Tipikor Jakarta. Ketiganya bakal diminta keterangan terkait suap agar hakim memberikan vonis rendah pada Saipul.

(Baca juga: Pengakuan Rohadi soal Rp250 Juta dan Keterlibatan Hakim)

Selama hampir satu tahun lamanya, Rohadi tak pernah berbicara bahwa uang yang diberikan Bertha pada Rohadi untuk Ifa. Belakangan, Rohadi berubah pikiran dan mengakui diminta tutup mulut soal jatah untuk Ifa.

"Saya minta dikonfrontir (dengan Ifa)," imbuh Rohadi.

Selaku panitera pengganti di PN Jakarta Utara, Rohadi mengaku diminta bantuan untuk meloloskan pelantikan Ifa sebagai Ketua PN Sidoarjo. Hal itu ditindaklanjuti untuk mengurus suap dari perkara yang disidangkan Ifa.

(Baca juga: Hakim Kasus Saipul Jamil Mangkir Persidangan)

Rohadi divonis bersalah menerima uang Rp250 juta dari kakak Saipul Jamil, Samsul Hidayatullah melalui salah seorang kuasa hukumnya, Berthanatalia di depan Universitas 17 Agustus (Untag).

Selama ini, Ifa selalu membantah terlibat dalam kasus suap itu. Ifa mengaku tak pernah membahas kasus Saipul dengan Rohadi. Apalagi, sampai menerima uang untuk memberikan vonis ringan pada Saipul.

(Baca Juga: Hakim Ifa: Saya Tak Pernah Bahas Kasus Saipul Jamil dengan Rohadi)


(REN)

Sikap Setnov di Persidangan akan Menambah Berat Hukuman

Sikap Setnov di Persidangan akan Menambah Berat Hukuman

7 minutes Ago

Sikap Setya Novanto yang memilih diam tidak menjawab Hakim di dalam sidang akan menjadi poin ya…

BERITA LAINNYA