Pemerintah Diminta Tegas Soal Kasus Bullying di Lembaga Pendidikan

Arga sumantri    •    Selasa, 18 Jul 2017 10:30 WIB
bullying
Pemerintah Diminta Tegas Soal Kasus <i>Bullying</i> di Lembaga Pendidikan
Ilustrasi Bullying - Metrotvnews.com.

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) mengecam keras bullying atau perundungan yang terjadi di lembaga kampus. Pemerintah diminta memberi peringatan keras.

"Pemerintah harus memberikan peringatan keras kepada pimpinan kampus atas ketidakmampuannya memastikan kampus bebas perundungan," kata Komisioner Komnas HAM, Maneger Nasution, dalam keterangan tertulis, Selasa 18 Juli 2017.

Maneger meminta pimpinan kampus atau sekolah memberikan hukuman kepada pelaku perundungan. Bisa dengan sanksi akademik maupun pidana dengan menyerahkannya kepada pihak berwajib.

"Supaya menjadi efek jera. Ini adalah gejala gunung es," tandas dia.

Belakangan, kasus perundungan di dunia pendidikan kembali terjadi dan menyedot perhatian. Salah satunya, kasus yang menimpa seorang mahasiswa berkebutuhan khusus di Universitas Gunadarma Depok, Jawa Barat.

Sejumlah aktivis dari Gerakan Masyarakat Peduli Hak-hak Penyandang Disabilitas mendatangi Kampus Gunadarma, Depok. Mereka menyampaikan keprihatinan juga meminta kasus itu diselesaikan.

Salah satu aktivisnya, Primaningrum Arinarresmi berharap, semua mahasiswa yang terlibat dan meramaikan perbuatan keji itu diberikan sanksi sosial. Ia meminta kasus ini jadi pelajaran pihak kampus agar lebih memerhatikan para penyandang disabilitas.

Hal itu sesuai Pasal 42 ayat 3 Undang-undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang penyandang disabilitas. Pasal itu menyebutkan, setiap penyelenggara pendidikan tinggi wajib menfasilitasi pembentukan Unit Layanan Penyandang Disabilitas.

Selain di Depok, kasus perundungan juga menimpa seorang pelajar SMP Negeri di kawasan Tanah Abang, Jakarta Pusat.


(REN)

Pengamat: Kasus Novanto Terburuk Sepanjang Sejarah Pimpinan DPR

Pengamat: Kasus Novanto Terburuk Sepanjang Sejarah Pimpinan DPR

25 minutes Ago

Zuhro menilai kasus yang menjerat Novanto merupakan kasus terberat yang pernah menimpa pemimpin…

BERITA LAINNYA