Nama Menteri Eko Disebut di Sidang Suap BPK

Juven Martua Sitompul    •    Rabu, 04 Oct 2017 19:56 WIB
suap di bpk
Nama Menteri Eko Disebut di Sidang Suap BPK
Rochmadi Saptogiri. Foto: MI/Rommy.

Metrotvnews.com, Jakarta: Auditor Utama Keuangan Negara III BPK Rochmadi Saptogiri mengaku pernah didatangi Irjen Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) Sugito. Saat itu, Rochmadi diminta mengatur pertemuan BPK dengan Menteri Desa Eko Putro Sadjojo.
 
Dalam sidang, Rochmadi yang dihadirkan sebagai saksi untuk dua terdakwa pejabat Kemendes PDTT menyebut pertemuan itu berlangsung pada 27 April 2017. Pertemuan belangsung di ruang kerja Rochmadi.

Baca: BPK tak Beri DPR Opini Buruk karena Takut Dimarahi Akom dan Fahri 

"Seingat saya beliau meminta waktu saya meng-arrange (mengatur) pertemuan Mendes dengan prof eddy (Anggota VII BPK RI Eddy Mulyadi Soepardi)," kata Rochmadi saat bersaksi di Pengadilan Tipikor Jakarta, Rabu 4 Oktober 2017.
 
Namun, Rochmadi membantah dalam pertemuan itu Sugito membahas soal opini keuangan Kemendes PDTT. Menurut dia, selain meminta mengatur pertemuan, Sugito hanya menyampaikan apresiasi kinerja dan lembaganya.
 
"Tidak ada, kedua beliau dalam pembicaraan itu memberikan apresiasi karena tim bapak luar biasa kerjanya sangat gigih," ujarnya.

Baca: KPK Dalami Pertemuan Mendes dengan Auditor BPK

Mendapat penjelasan itu, jaksa KPK lantas menanyakan soal adanya perintah Rochmadi kepada Kepala Sub Auditorat III Auditorat Keuangan Negara BPK Ali Sadli untuk mengatur pertemuan tersebut. Dia mengamini pertanyaan jaksa KPK.
 
"Saya katakan nanti untuk arrange menteri dan Prof Eddy silakan koordinasi dengan pak Ali Sadli," jawab Rochmadi.
 
Di hadapan majelis hakim, Rochmadi berkelit saat jaksa KPK menanyakan apakah Sugito pernah menanyakan soal BPK harus mendapat atensi dari Kemendes PDTT. Dia kembali menegaskan jika dalam pertemuan itu, Sugito hanya memintanya mengatur pertemuan Mendes Eko dengan BPK.
 
"Tidak, saudara Sugito enggak pernah konfirmasi hal itu, seingat saya pada saat itu bicarakan soal arrange pertemuan dengan Menteri Desa," kata Rochmadi.




(FZN)

ICW: Nama Hilang di Dakwaan Setnov Karena KPK Hati-hati

ICW: Nama Hilang di Dakwaan Setnov Karena KPK Hati-hati

3 hours Ago

Peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW) berpendapat hilangnya sejumlah nama politisi yang seb…

BERITA LAINNYA