Aiman Witjaksono Penuhi Panggilan Penyidik

Deny Irwanto    •    Rabu, 11 Oct 2017 11:23 WIB
pencemaran nama baikkonflik internal kpk
Aiman Witjaksono Penuhi Panggilan Penyidik
Ilustrasi: Polisi. Foto: MTVN/Mohammad Rizal.

Metrotvnews.com, Jakarta: Presenter Kompas Tv Aiman Witjaksono memenuhi panggilan penyidik Ditreskrimum Polda Metro Jaya. Dia akan diperiksa sebagai saksi terkait laporan Direktur Penyidikan KPK Brigjen Aris Budiman terhadap koordinator Indonesia Corruption Watch (ICW) Donal Fariz.

Aiman hadir sekitar pukul 10.15 WIB di Gedung Ditreskrimsus Polda Metro Jaya. Dia mengaku memenuhi panggilan untuk menuntaskan kewajibannya sebagai warga negara.

"Tetapi dalam setiap jawaban dalam setiap tindak-tanduk dalam setiap dalam setiap perilaku, saya saya mendasari seluruhnya kepada Undang-Undang 40 Tahun 99 tentang Pers," kata Aiman sebelum pemeriksaan, Rabu 11 Oktober 2017.

Sedianya, Aiman ingin kasus tersebut diselesaikan melalui Dewan Pers dengan merujuk pada Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers. Namun, dia menghormati polisi yang sudah menyelidiki laporan Aris Budiman. 

"Karena seharusnya produk pemberitaan pers tidak dilakukan proses hukum melalui KUHP melalui Kitab Undang-Undang Hukum Pidana tapi melalui Undang-Undang Nomor 40 tentang Pers karena bersikap khusus sehingga mengenyampingkan undang-undang yang lain," jelas Aiman.

Laporan Aris terhadap Donal Fariz tertera dalam nomor laporan polisi: LP/4219/IX/2017/PMJ/Dit. Reskrimsus. Pada Selasa 26 September 2017, Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Kombes Adi Deriyan mengatakan, kasus tersebut sudah naik ke tingkat penyidikan.

Meski naik ke penyidikan, untuk saat ini status Donal masih sebagai terlapor. Ke depan, lanjut Adi, penyidik akan memanggil Donal untuk dimintai keterangan.


(OGI)