Pengacara Ahok Tunggu Putusan Resmi MA

M Sholahadhin Azhar    •    Senin, 26 Mar 2018 19:00 WIB
kasus hukum ahok
Pengacara Ahok Tunggu Putusan Resmi MA
Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok dibawa ke Rutan Cipinang. Foto: MI/Arya Manggala.

Jakarta: Pengacara terpidana penista agama Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) masih menunggu putusan resmi penolakan peninjauan kembali (PK) dari Mahkamah Agung (MA). Putusan itu baru diketok palu hari ini. 

"Kami tidak bisa memberikan tanggapan apa pun karena belum mendapat pemberitahuan apa pun dari MA," kata Josefina A Syukur, pengacara Ahok, kepada Medcom.id, Senin, 26 Maret 2018.

Ia baru bisa merancang tindakan lanjutan usai menerima berkas putusan yang ditetapkan hakim MK Artidjo Alkostar. Josefina belum tahu pasti kapan dokumen itu dikirim MA ke kantornya.

"Tunggu pemberitahuan tertulis, kita tergantung MA," pungkas dia.

Sementara itu, juru bicara MA Suhadi mengatakan putusan sudah bisa dilihat langsung di situs MA. Namun, ia belum bisa memastikan kapan berkas dikirim ke tim kuasa hukum Ahok.

"Putusan lengkap tunggu manajemen perkara," kata Suhadi.

Baca: PK Ahok Ditolak

Perkara PK Ahok diterima Kepaniteraan Pidana MA pada 7 Maret 2018 dengan register 11 PK/Pid/2018. Berkas perkara lantas dikirim ke majelis pemeriksa perkara pada 13 Maret 2018. 

Majelis pemeriksa perkara diisi hakim MA Artidjo Alkostar, Salman Luthan, dan Sumardijatmo. Ketiganya memutuskan untuk menolak PK Ahok.

"Menyatakan menolak permohonan peninjauan kembali dari terpidana Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Terima kasih," kata Hakim Artidjo.




(OGI)