Persidangan bakal Menguak Peran Lebih Besar dari Novanto

Damar Iradat    •    Kamis, 11 Jan 2018 11:03 WIB
korupsi e-ktpsetya novanto
Persidangan bakal Menguak Peran Lebih Besar dari Novanto
Terdakwa kasus KTP Elektronik (E-KTP) Setya Novanto (Setnov), menyapa istrinya saat mengikuti sidang eksepsi yang diajukan terdakwa di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Rabu (20/12). MI/Ramdani.

Jakarta: Firman Wijaya, kuasa hukum Setya Novanto, menyebut ada peran lebih besar sejumlah pihak dari peran kliennya. Itu semua bakal terungkap dalam persidangan Ketua nonakif DPR itu. 

Dia menuturkan, fakta-fakta persidangan akan menyingkap posisi Novanto dalam perkara KTP berbasis elektronik. Dia bilang ada inisiator penganggaran hingga kebijakan eksekutif dan legislatif.

"Ini proses yang mesti dipotret secara besar. Kita lihat saja nanti," tutur dia di Pengadilan Tipikor, Jakarta, Kamis, 11 Januari 2018. 

Firman mengklaim tak ada peran Novanto dalam korupsi itu. Sebab, penganggaran KTP-el dilakukan sudah jauh hari. 

"Proses akan membuktikan. Tapi yang jelas saya melihat peran Pak Novanto tidak dalam posisi yang sangat berpengaruh dalam ini. Karena tadi saya katakan soal penganggaran, perencanaaannya sudah dirancang jauh. Dan itu ada lembaganya, ada instansinya. Kita lihat siapa inisiator proyek KTP-elektronik ini," tandas Firman.

Novanto didakwa mengintervensi proses penganggaran dan pengadaan barang/jasa paket pengadaan KTP-el. Eks Ketua Umum Golkar itu didakwa menerima duit USD7,3 juta terkait pengurusan KTP-el. 

(Baca juga: KPK Bidik Tersangka Baru Kasus 'Penyelamatan' Novanto)

 


(REN)

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

KPK Setorkan Rp2,286 Miliar ke Kas Negara

6 days Ago

Uang berasal dari uang pengganti terpidana kasus korupsi proyek KTP-el Andi Agustinus alias And…

BERITA LAINNYA