Polisi Jadikan Hasil Audit Kemenkes untuk Usut Kematian Bayi Debora

Deny Irwanto    •    Sabtu, 07 Oct 2017 15:23 WIB
fasilitas kesehatan
Polisi Jadikan Hasil Audit Kemenkes untuk Usut Kematian Bayi Debora
Dirkrimsus Polda Metro Jaya Kombes Adi Deriyan/MTVN/Adin

Metrotvnews.com, Jakarta: Polda Metro Jaya sudah menerima hasil audit Kemenkes, terkait kasus kematian bayi Tiara Debora. Audit tersebut sebagai dasar penyelidikan.

"Kemenkes telah melakukan audit terhadap manajemen dan tenaga kemedisan. Hasil audit ini sekarang sedang kita dalami," kata Direskrimsus Polda Metro Jaya Kombes Adi Deriyan saat dikonfirmasi, Sabtu 7 Oktober 2017.

Penyidik juga akan meminta keterangan ahli atau orang yang melakukan audit rumah sakit tersebut. Nantinya, lanjut Adi, keterangan ahli akan dimasukkan ke dalam Berkas Acara Pemeriksaan (BAP) untuk dibawa ke persidangan.

"Berdasarkan itu semua nanti akan kita sandingkan dengan fakta peristiwa yang terjadi. Apakah benar ada temuan kesalahan dalam hal penanganan atau kesalahan dalam kemanajemenan Rumah Sakit," jelas Adi.



Mitra Keluarga Kalideres menjadi sorotan setelah bayi Tiara Debora Simanjorang meninggal pada Minggu 3 September 2017. Sebelum meninggal, orangtua Debora diduga terkatung-katung mengurusi administrasi agar anaknya bisa mendapat tindakan medis.

Baca: RS Mitra Keluarga Kalideres Janji Berbenah

Dari hasil audit medis, RS Mitra Keluarga Kalideres dinilai sudah berupaya menyelamatkan Debora. Namun, dari hasil hasil audit manajemen, RS Mitra Keluarga Kalideres dianggap belum membuat regulasi tata kelola rumah sakit sesuai peraturan perundangan.


(YDH)