Sepekan, 33 Kasus Pungli Terjadi di Polda Metro Jaya

Achmad Zulfikar Fazli    •    Sabtu, 15 Oct 2016 11:14 WIB
pungli
Sepekan, 33 Kasus Pungli Terjadi di Polda Metro Jaya
Kepala Divisi Humas Polri Irjen Boy Rafli Amar. Foto: Ilham Wibowo/Metrotvnews.com.

Metrotvnews.com, Jakarta: Polda Metro Jaya menemukan 33 kasus pungutan liar yang melibatkan anggota polisi. Semua anggota polisi itu kini telah ditindak.
 
"Ini baru masuk laporan dari Polda Metro, dalam satu minggu ada 33 kasus yang melibatkan personel, sudah ditindak," kata Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Boy Rafli Amar dalam diskusi dengan topik 'Pungli, Retorika dan Realitas' di Warung Daun, Jakarta Pusat, Sabtu (15/10/2016).
 
Selain Polda Metro Jaya, penindakan pungli yang melibatkan personel kepolisian juga dilakukan Polda di beberapa daerah. Di antaranya, Polda Sumatera Utara mengungkap enam kasus yang melibatkan sembilan petugas kepolisian, Polda Jawa Barat mengungkap empat kasus yang melibatkan empat petugas.
 
Polda Papua satu kasus yang melibatkan dua petugas, Polda Nusa Tenggara Barat dua kasus yang melibatkan tiga petugas, Polda Gorontalo satu kasus yang melibatkan empat petugas, Polda Jambi 10 kasus yang melibatkan 10 petugas, dan Polda Kepri satu kasus yang melibatkan satu petugas.
 
"Termasuk di pelabuhan kaitannya dengan dwelling time, kebetulan saat itu terkait pelabuhan yang ada di Jakarta," ujarnya.
 
Ombudsman mencatat ada empat tempat yang marak terjadi pungli, salah satunya di instansi kepolisian. Pungli itu marak terjadi saat pembuatan SIM dan proses tilang. Selain itu, praktik pungli juga marak di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan kantor Imigrasi.
 
Anggota Komisi III DPR RI Aboe Bakar Alhabsyi mengatakan, banyak langkah yang dapat diambil untuk menghentikan praktik pungli. Salah satunya memberikan kemudahan pelayanan kepada publik, pengawasan yang kuat, dan protes dari masyarakat harus ditindaklanjuti dengan cepat.


(FZN)

Pertemuan Perdana, Djarot dan Sandi Asyik Bernyanyi

Pertemuan Perdana, Djarot dan Sandi Asyik Bernyanyi

39 minutes Ago

Pertemuan perdana usai Pilkada, Djarot dan Sandi asyik bernyanyi. Mereka mendendangkan lagu usa…

BERITA LAINNYA