Satgas Pungli di Kemenhub Gandeng Banyak Pihak

LB Ciputri Hutabarat    •    Selasa, 18 Oct 2016 03:00 WIB
ott di kemenhub
Satgas Pungli di Kemenhub Gandeng Banyak Pihak
Petugas kepolisian menunjukkan barang bukti OTT Pungli Kemenhub di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (12/10). MI/Arya Manggala.

Metrotvnews.com, Jakarta: Kementerian Perhubungan (Kemenhub) optimistis bisa memberantas praktik pungutan liar di lingkungannya. Inspektur Jenderal Kementerian Perhubungan Cris Kuntadi mengatakan, pihaknya sudah menjalin kerjasama dengan sejumlah instansi.

"Kami bekerja sama dengan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dan sudah menanyakan kepada pelanggan terkait potensi pungli," kata Cris di Jakarta, Senin (17/10/2016).

Keseriusan Kemenhub dibuktikan dengan cara membentuk Satgas Berantas Pungli. Satgas ini dibentuk pascaoperasi tangkap tangan di Kemenhub Selasa, 11 Oktober.

Baca: Buku Pelaut yang Wajib Dimiliki dan Masalah Pungli di Kemenhub

Satgas Pungli diketuai Sekretaris Jenderal Kemenhub, Sugihardjo dengan menggandeng Indonesia Corruption Watch (ICW) dan Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI). Selain itu, Kemenhub bekerja sama dengan lembaga penegak hukum, yaitu Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) serta Polri.

"Kalau perlu kita tempatkan orang-orang yang mempunyai integritas yang berani mengambil risiko tinggi sebagai 'whistle blower' untuk membocorkan potensi-potensi pungli," kata Cris.

Baca: OTT Pungli Diharap tak Berhenti di Kemenhub

Selain melibatkan pihak luar, Kemenhub juga melakukan pengawasan dari dalam seperti pengawasan dari kamera pengintai. Dia memastikan pengawasan dilakukan di semua sektor, yakni dari darat, laut, udara, dan perkeretaapian.

Pencegahan pungli ke depan adalah dengan melakukan sistem perizinan online. Masyarakat juga akan diedukasi dengan sistem ini agar masyarakat juga turut mengawasai jalannya kinerja dan pelayanan yang didapat.

"Selain itu, butuh juga sosialisasi kepada masyarakat karena ini juga bentuk dari pelayanan masyarakat," tandas dia.

 


(AZF)