Bareskrim Tangkap Pembuat Salep dan Jamu Abal-Abal

Wanda Indana    •    Jumat, 06 Nov 2015 19:46 WIB
obat berbahaya
Bareskrim Tangkap Pembuat Salep dan Jamu <i>Abal-Abal</i>
Obat Palsu--Metrotvnews.com/Wanda Indara

Metrotvnews.com, Jakarta: Polisi menangkap tersangka Teng Yong Yang, 38, pelaku pemalsuan obat. Pelaku menggunakan rumahnya menjadi pabrik untuk memproduksi obat-obat palsu berbahaya.

"Direktorat Narkoba Bareskrim Polri telah mengungkap pabrik memproduksi obat-obat palsu dan jamu yang menggunakan bahan kimia, tidak dilengkapi izin edar," kata Wakil Direktur Tindak Pidana Narkoba Kombes Nugroho Aji W, di Gedung Ditnarkoba Bareskrim Polri di Jalan MT Haryono, Cawang, Jakarta Timur, Jumat (6/11/2015).

Pabrik itu diungkap dari laporan warga. Warga melaporkan ada praktik pembuatan obat-obat ilegal di Perumahan Green Valley, Jalan Aralia 26, Cijayanti, Babakan Madang, Bogor.

Tim Subdit III Ditnarkoba Bareskrim menindaklanjuti laporan itu. Setelah diintai seminggu, penyidik yakin tempat itu digunakan untuk memproduklsi salep kulit merk 88.

Saat penggerebekan pada 4 Oktober ditemukan barang bukti berupa alat produksi dan bahan-bahan kimia. Polisi juga menemukan 48 ribu obat jadi, 350 hollogram palsu dan 326 lembar label panjang salep kulit cap 88.

Nugroho menjalaskan, dalam sebulan pelaku dapat memproduksi 2000 pak. Pelaku menjual salep abal-abal setengah dari harga produk salep asli.

"Harga salep aslinya Rp7500, kemungkinan dia menjual Rp3000 sampai Rp3500. Ditaksir keuntungan mencapai miliaran rupiah," papar Nugroho.

Salep produksi Teng Yong Yang sudah beredar di Jawa dan luar Jawa. Polisi akan mengembangkan kasus ini untuk memburu semua distributor.

"Dia sudah memproduksi setahun. Sudah tersebar di seluruh kota di Jawa. Dan juga beredar di kota-kota besar di Sumatera, Kalimantan, Sulawesi dan Denpasar," kata Nugroho.

Tersangka dijerat Pasal 196 dan 197 Undang-undang No. 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan. Tersangka terancam hukuman penjara paling lama 15 tahun penjara.


(YDH)

Kubu Novanto Ajukan Saksi Meringankan

Kubu Novanto Ajukan Saksi Meringankan

2 hours Ago

Langkah tersebut tercantum dalam ketentuan Pasal 65 KUHAP terkait dengan pemanggilan saksi meri…

BERITA LAINNYA