Polri Belum Terima Laporan Fredrich

Lukman Diah Sari    •    Jumat, 19 Jan 2018 04:00 WIB
korupsi e-ktppencemaran nama baik
Polri Belum Terima Laporan Fredrich
Mantan Pengacara Setya Novanto, Fredrich Yunadi masuk kedalam mobil tahanan setelah menjalani pemriksaan di gedung KPK, Jakarta, Selasa (16/1). MI/ MOHAMAD IRFAN.

‎Jakarta: Pihak tersangka dugaan menghalangi penyidikan KTP-el di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Fredrich Yunadi menyebut bakal melaporkan Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan dan Juru Bicara KPK Febri Diansyah ke kepolisian.

"Hingga saat ini, belum masuk (laporan)," kata Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen M Iqbal di Mabes Polri, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis 18 Januari 2018. 

Baca; Fredrich akan Laporkan Basaria dan Jubir KPK ke Polisi

Iqbal menjelaskan, dia bakal membuka bila memang ada laporan dari pihak Fredrich terhadap Basaria Panjaitan dan Febri di Bareskrim Polri. 

"Kami akan lakukan verifikasi ketika ada unsur pidana kami proses," tambahnya.

Fredrich berencana melaporkan Basaria dan Febri dengan tuduhan pencemaran nama baik. Dia tak terima disangka melakukan manipulasi rekam medis Novanto agar bisa dirawat dan menghindari pemeriksaan KPK.

KPK menetapkan advokat Fredrich Yunadi dan Bimanesh Sutarjo, dokter RS Permata Hijau. Keduanya ditetapkan sebagai tersangka merintangi penyidikan perkara korupsi KTP-el yang menjerat Setya Novanto.

Atas perbuatannya, Fredrich dan Bimanesh dijerat dengan Pasal 21 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.

Baca: KPK Persilakan Fredrich Buat Laporan Polisi


(DEN)