Capres-Cawapres Diimbau Segera Melaporkan Kekayaan ke KPK

Juven Martua Sitompul    •    Jumat, 03 Aug 2018 23:49 WIB
lhkpnpilpres 2019
Capres-Cawapres Diimbau Segera Melaporkan Kekayaan ke KPK
Logo KPK di Gedung Merah Putih. (Foto: MI/Rommy Pujianto).

Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) siap menerima pelaporan harta kekayaan dari calon presiden dan wakil presiden yang bakal bertarung di Pemilihan Presiden 2019 mendatang. Pendaftaran Pilpres 2019 dimulai dari 4 Agustus sampai 10 Agustus 2018.

Direktur Pendaftaran dan Pemeriksaan Lapporan Harta Kekayaan Pejabat Negara (LHKPN) Cahya Hardianto Harefa mengatakan, agar pelaporan kekayakaan dilakukan sebelum 10 Agustus 2018 yang merupakan batas akhir pendaftaran nama capres dan cawapres di KPU.

"Tolong jangan mepet karena kita juga harus proses verifikasi, harus memastikan semua terisi lengkap, dan dokumen pendukungnya lengkap," katanya di Gedung KPK, Jakarta, Jumat, 3 Agustus 2018.

Cahya mengungkap, calon presiden dan wakilnya bisa melaporkan harta kekayaan melalui daring di elhkpn.kpk.go.id. Sehingga tak harus mendatangi markas KPK. 

Selain itu, pihaknya siap memfasilitasi capres dan cawapres mendapatkan akun pelaporan LHKPN di laman tersebut. Termasuk, memberikan kontak telepon maupun WhattsApp untuk kemudahan pelaporan harta.

"Jika ada yang ingin datang atau menyerahkan dokumen kelengkapan, kami juga siap menerima dari calon langsung atau tim yang membantu para calon," ucap Cahya.

Ketentuan pelaporan LHKPN para capres dan cawapres sendiri tertuang dalam Pasal 5 huruf f UU 42 Tahun 2008 tentang LHKPN. Pelaporan LHKPN juga menjadi salah satu syarat yang harus dipenuhi oleh capres dan cawapres.

 


(LDS)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

1 week Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA