Sempat Buron, Dirut OSMA Penuhi Panggilan KPK

Cahya Mulyana    •    Rabu, 19 Oct 2016 10:46 WIB
ott kpk
Sempat Buron, Dirut OSMA Penuhi Panggilan KPK
Lambang KPK/MI/Rommy Pujianto

Metrotvnews.com, Jakarta: Direktur Utama PT Otoda Sukses Mandiri Abadi (OSMA) Hartoyo yang sempat buron sejak lima hari lalu hadir di gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Hartoyo tiba sekitar pukul 10.00 WIB untuk memenuhi panggilan KPK sebagai saksi.

Hartoyo akan bersaksi untuk tersangka penerima suap Rp70 juta sekaligus Ketua Komisi A DPRD Kebumen Yudhy Tri Hartanto.

"Hartoyo diperiksa sebagai saksi untuk melengkapi berkas tersangka YTH (Ketua Komisi A DPRD Kebumen Yudhy Tri Hartanto)," kata Kepala Biro Humas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Yuyuk Andriati saat dikonfitmasi Rabu (19/10/2016).

Baca: Dirut OSMA Diminta Menyerahkan Diri

KPK akan meminta penjelasan Hartoyo soal kasus dugaan suap ijon proyek di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kebumen. Keterangannya penting untuk mendalami perkara yang terungkap saat KPK berhasil menangkap Ketua Komisi A DPRD Yudhy Tri Hartanto dan pegawai Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kebumen, Sigit Widodo.

Hartoyo masih menyandang status buron dari KPK karena dinilai melarikan diri dari kejaran KPK terkait suap-menyuap antara Ketua Yudhy dan Sigit. KPK beralasan Hartoyo dinilai terlibat dan harus segera memberikan keterangan. Sayangnya, ia sempat menghilang.

Sebelumnya, Wakil Ketua KPK Laode M Syarif menjelaskan, penyidik meyakini uang Rp70 juta yang diamankan KPK sebagai barang bukti tindak pidana korupsi berasal dari Hartoyo.

"Ya kami yakin (uang suap untuk Yudhy dan Sigit dari Hartoyo)," kata Syarief.


(OJE)

Peran Setya Novanto di Kasus KTP-el

Peran Setya Novanto di Kasus KTP-el

11 minutes Ago

Keterlibatan Ketua DPR RI non aktif Setya Novanto dalam kasus korupsi KTP elektronik dimulai pa…

BERITA LAINNYA