Kubu Jessica Bakal Ajukan Kasasi

Arga sumantri    •    Senin, 13 Mar 2017 12:31 WIB
kematian mirna
Kubu Jessica Bakal Ajukan Kasasi
Jessica Kumala Wongso, terdakwa dalam kasus kematian Wayan Mirna Salihin. MI/Arya Manggala.

Metrotvnews.com, Jakarta: Tim penasihat hukum terdakwa Jessica Kumala Wongso tidak menerima putusan banding Pengadilan Tinggi DKI Jakarta. Kubu Jessica memastikan bakal menempuh jalur kasasi.

Pengacara Jessica, Hidayat Bostam, menegaskan, kasasi terdakwa pembunuhan Wayan Mirna Salihin bakal diajukan dalam waktu dekat. Namun, dia masih belum bisa merinci poin-poin apa saja yang ditekankan dalam kasasi.

"Kita mau baca dulu pertimbangan hakim Pengadilan Tinggi itu apa saja," kata Bostam kepada Metrotvnews.com, Senin 13 Maret 2017.

Bostam mengaku belum menerima berkas putusan banding. Dia masih bertanya-tanya perihal putusan banding itu. Menurut dia, ada sejumlah kejanggalan dalam amar putusan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat yang harusnya diperhatikan di tingkat banding. 

Dia mencontohkan, hakim PN Jakpus tidak memasukkan pleidoi alias nota pembelaan Jessica dalam pertimbangan putusan. Mereka juga dinilai juga tidak memasukan keterangan ahli-ahli yang dihadirkan kubu Jessica sebagai pertimbangan. 

Baca: Banding Jessica Ditolak

Bostam menambahkan, 17 saksi fakta di persidangan juga tidak ada yang melihat Jessica memasukkan sesuatu dalam es kopi Vietnam yang diseruput Wayan Mirna Salihin. Bostam hakul yakin rekaman kamera pengintai (CCTV) di Kafe Olivier yang diputar di persidangan adalah rekayasa. 

"Organ tubuh di puslabfor tidak ada racun, tapi orangnya mati. Ada kopi yang ada sianidanya, tapi di dalam tubuhnya (Mirna) enggak ada," tambah Bostam.

Hakim Pengadilan Tinggi DKI sebelumnya menolak banding Jessica. Majelis hakim tingkat banding mempertahankan sekaligus memperkuat putusan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat yang memvonis Jessica 20 tahun penjara atas kematian Mirna.


(OGI)