Hasil Pemerikaaan Aris Budiman Diumumkan Dua Pekan Lagi

Juven Martua Sitompul    •    Jumat, 15 Sep 2017 12:34 WIB
kpknovel baswedan
Hasil Pemerikaaan Aris Budiman Diumumkan Dua Pekan Lagi
Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan (kiri)/ANT/Reno Esnir

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berjanji membeberkan semua hasil pemeriksaan pengawas internal (PI) terhadap Direktur Penyidikan KPK Brigjen Aris Budiman. Hasil pemeriksaan akan diumumkan dalam waktu dekat.

"Kami sudah putuskan akan diperiksa secara menyeluruh oleh  pengawas internal, nanti hasilnya dua minggu ke depan. Sabar, pasti akan kita umumkan itu, yang kita tunggu dulu pemeriksaan menyeluruh," tegas Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan saat dikonfirmasi, Jumat 15 September 2017.

Basaria mengatakan, pihaknya sangat berharap semua elemen di internal lembaga antikorupsi berjalan baik. Kelima pimpinan tidak ingin ada konflik di interal KPK.

"Karena rasa aman dan nyaman ini sangat dibutuhkan dalam suatu organisasi sehingga bekerjanya itu bisa maksimal, tidak mungkin untuk timbulkan masalah," ucap dia.

Ada tiga materi yang tengah diperiksa pengawas internal. Pertama, kehadiran Aris Budiman di rapat dengar pendapat (RDP) Pansus Hak Angket KPK. Kedua, terkait langkah Aris Budiman yang melaporkan penyidik senior KPK Novel Baswedan ke polisi dengan tuduhan pencemaran nama baik. Novel dituding telah mendeskriditkan jabatan Aris Budiman sebagai Direktur Penyidikan KPK.

Terakhir, kemunculan nama Aris Budiman dalam rekaman pemeriksaan Miryam S. Haryani yang diputar di Pengadilan Tipikor Jakarta beberapa waktu lalu.


(OJE)