KPK Mencari Aktor Kebohongan Miryam Melalui Elza Syarief

Surya Perkasa    •    Senin, 17 Apr 2017 13:21 WIB
korupsi e-ktp
KPK Mencari Aktor Kebohongan Miryam Melalui Elza Syarief
Elza Syarief. Foto: MI/Rommy Pujianto

Metrotvnews.com, Jakarta: Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali memeriksa advokat Elza Syarief. Melalui keterangan Elza, penyidik mencari sosok yang mengatur anggota Komisi II DPR Miryam S. Haryani (MSH) agar berbohong di persidangan kasus korupsi KTP-el.

"Elza diperiksa sebagai saksi untuk tersangka MSH. Penyidik ingin mendalami keterangan saksi sebelumnya yang didatangi oleh MSH sebelum memberikan keterangan di persidangan," kata juru bicara KPK Febri Diansyah di gedung KPK, Jakarta, Senin 17 April 2017.

Miryam sempat menemui Elza sebelum persidangan kasus korupsi KTP-el. Dalam pertemuan tersebut, kata Elza, Miryam mengakui ditekan sejumlah pihak. Namun Elza tidak mengungkap sosok yang disebut Miryam menekannya.

"Itu masuk materi projustitia. Teman-temannya (menekan), namanya ada di surat dakwaan," kata Elza saat tiba di geduk KPK.

Elza memperkirakan dirinya akan ditanyai penyidik soal dalang yang menyebabkan Miryam mencabut BAP-nya serta memberikan kesaksian yang akhirnya dinilai pembohongan. Farhat Abbas, advokat yang menemani Elza, mengatakan, pada pemeriksaan yang lalu, Elza juga dikejar soal orang yang menekan Miryam.

"Termasuk petinggi juga inisial SN dan RA orang yang dianggap mengatur (keterangan Miryam). SN merupakan petinggi partai dan (RA) juga bekerja sebagai asisten," beber Farhat.


(TRK)