Novanto Kemungkinan Absen di Sidang Praperadilan Besok

Juven Martua Sitompul    •    Senin, 11 Sep 2017 12:17 WIB
korupsi e-ktp
Novanto Kemungkinan Absen di Sidang Praperadilan Besok
Sekjen Partai Golkar Idrus Marham (tengah) mendatangi gedung KPK untuk menyampaikan keterangan ketidakhadiran Ketua DPR Setya Novanto dalam pemeriksaan kasus korupsi KTP-el di Jakarta. Foto: Antara/Hafidz Mubarak A.

Metrotvnews.com, Jakarta: Ketua DPR RI Setya Novanto kemungkinan besar tidak bisa hadir dalam sidang gugatan praperadilan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa 12 September 2017. Ketua Umum Partai Golkar itu sedang sakit.

"Kalau kondisinya seperti ini dia tidak mungkin hadir (gugatan praperadilan)," kata Sekretaris Jenderal Partai Golkar Idrus Marham di Gedung KPK, Jakarta, Senin 11 September 2017.

Berdasarkan pemeriksaan tadi malam, lanjut Idrus, dokter menyatakan jika gula darah Novanto naik. Dokter bahkan memvonis Novanto mengalami gangguan fungsi ginjal dan jantung.

"Saya ketemu Pak Novanto di sana sudah ada tiga dokter dan beberapa perawat, sehingga dokter tidak merekomendasikan untuk hadir," ujar dia.

Idrus menyebut jika Novanto telah mengidap sakit gula darah sejak lima tahun silam. Hal itu, lanjut dia, yang mempengaruhi fungsi ginjal termasuk jantung Novanto."Dokter Daniel sampaikan akar masalahnya itu ada pada gula darah," pungkas dia.

Sementara itu, hari ini sejatinya KPK menjadwalkan pemeriksaan perdana Setya Novanto sebagai tersangka kasus dugaan korupsi proyek pengadaan KTP elektronik (KTP-el). Namun, dia tidak memenuhi undangan penyidik dengan alasan mengalami gangguan kesehatan.

Pada kasus ini, Novanto dan pengusaha Andi Narogong diduga mengatur proyek senilai Rp5,9 triliun dari mulai penganggaran, pengerjaan hingga pengadaan KTP-el. Dalam surat dakwaan untuk Andi, Novanto disebut mengeruk keuntungan sebesar Rp574,2 miliar dari proyek tersebut.

Tak terima dengan penetapan status tersangka itu, Novanto mengajukan gugatan praperadilan ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Sidang perdana bakal digelar Selasa besok.


(OGI)

Istri Besuk Setya Novanto di Rutan KPK

Istri Besuk Setya Novanto di Rutan KPK

3 hours Ago

Keluarga telah diizinkan untuk membesuk Setya Novanto di Rutan KPK. Istri didampingi dua kolega…

BERITA LAINNYA