Kubu Novanto Geram KPK Mangkir di Praperadilan

Arga sumantri    •    Selasa, 12 Sep 2017 12:02 WIB
korupsi e-ktpsetya novanto
Kubu Novanto Geram KPK Mangkir di Praperadilan
Sidang praperadilan Setya Novanto ditunda. Foto: Metrotvnews.com/Arga Sumantri

Metrotvnews.com, Jakarta: Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menunda sidang praperadilan Setya Novanto hingga pekan depan. Sidang ditunda lantaran KPK berhalangan hadir.

Pengacara Novanto, I Ketut Mulya, meminta hakim praperadilan mengambil sikap jika pekan depan KPK kembali tak menghadiri sidang. "Kami ingin mendapat kepastian hukum. Kalau ada permintaan waktu mundur kembali, bagaimana keputusan yang mulia," kata I Ketut di ruang sidang utama Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Selasa 12 September 2017.

Hakim tunggal Cepi Iskandar mengatakan, tak bisa memutuskan sikap saat ini juga. Cepi mengaku baru bisa menentukan langkah berikutnya pada agenda sidang mendatang.

"Majelis tak bisa memperkirakan suatu perkara yang belum terjadi. Nanti saja kalau sudah terjadi, kita sesuai hukum acara yang berlaku," beber Cepi.

Cepi memutuskan menunda sidang praperadilan Novanto hingga Rabu 20 September 2017. Keputusan diambil usai berdiskusi dengan tim pengacara dan satu perwakilan KPK yang mengantar surat permohonan penundaan sidang.

Baca: Rekam Jejak Pengadil Praperadilan Setya Novanto

KPK tak hadir dalam sidang perdana praperadilan Novanto dengan alasan masih mempersiapkan keperluan administrasi. KPK hanya mengutus satu pegawainya untuk mengantar surat pernyataan permohonan penundaan sidang.

Dalam surat yang dibacakan hakim Cepi, KPK meminta sidang ditunda hingga tiga minggu. Namun, hakim menolak karena dinilai terlalu lama. Penolakan juga datang dari kubu Novanto. Pengadilan memutuskan hanya menunda sidang selama sepekan.

Novanto resmi mengajukan gugatan praperadilan ke PN Jakarta Selatan pada Senin, 4 September 2017. Gugatan tersebut terdaftar dalam nomor 97/Pid.Prap/2017/PN Jak.Sel.

Novanto disebut sebagai salah satu otak di balik proyek senilai Rp5,9 triliun itu. Dia bersama pengusaha Andi Agustinus alias Andi Narogong diduga berperan dalam melobi para koleganya di Parlemen.

Baca: Sidang Praperadilan Setya Novanto Ditunda

Dalam surat dakwaan yang dibacakan jaksa penuntut umum terhadap Andi Narogong, Novanto disebut sebagai kunci anggaran di DPR. Dia juga tak segan-segan menyampaikan dukungannya terhadap proyek kartu identitas berbasis nomor induk kependudukan (NIK) itu.

Setya Novanto ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK pada 17 Juli 2017 dengan sangkaan Pasal 2 ayat (1) atas Pasal 3 UU No 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU No 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Korupsi jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP karena diduga mengakibatkan kerugian negara senilai Rp2,3 triliun.




(UWA)

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

1 day Ago

KPK akan tetap menghadapi proses persidangan selanjutnya yang masuk dalam tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA