TKI Korban Perdagangan Orang Terima Restitusi

   •    Rabu, 10 Jan 2018 14:14 WIB
perdagangan manusia
TKI Korban Perdagangan Orang Terima Restitusi
Ilustrasi. Foto: Antara/Didik Suhartono

Jakarta: Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK) mengapresiasi langkah Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri Lombok Tengah yang memasukkan ganti kerugian (restitusi) ke dalam surat tuntutan (requisitor). Hakim lantas mengabulkan pemberian restitusi ini.

Wakil Ketua LPSK Lies Sulistiani mengatakan ganti kerugian terhadap korban ini penting sebagai bentuk pemenuhan hak-hak korban dan untuk memenuhi rasa keadilan.

“Artinya, ada komitmen dari jaksa untuk melaksanakan hak restitusi bagi korban,” kata Lies dalam keterangan tertulis, Rabu, 10 Januari 2018.

Ketua Majelis Hakim Pengadilan Negeri Praya, Tenny Emma Suryathi, mengabulkan permohonan restitusi yang diajukan jaksa terhadap tenaga kerja Indonesia (TKI) berinisial M dalam kasus tindak pidana perdagangan orang.

Uang restitusi dari terdakwa dititipkan ke PN Praya. Setelah putusan berkekuatan hukum tetap, uang itu lantas diserahkan kepada korban. Penyerahan uang restitusi dilakukan di kantor Kejaksaan Negeri Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, Rabu, 10 Januari 2018.

Lies mengatakan dikabulkannya permohonan restitusi ini sesuai harapan. Sebelumnya, korban mengajukan permohonan restitusi kepada LPSK.

Restitusi yang diajukan dihitung dari kerugian akibat perawatan psikologis, gaji yang seharusnya dibayarkan, serta harta benda yang dirampas terdakwa. "Total kerugian Rp33,5 juta," kata Lies yang hadir saat penyerahan restitusi.
 
Lies berharap uang restitusi tersebut bisa menjadi bekal hidup bagi korban. “Kami harap korban menggunakan uang ini sebijaksana mungkin, jangan digunakan untuk hal yang tidak berguna," ujarnya.

Sebagai ganti rugi atas derita yang dialami korban, LPSK berharap restitusi setidaknya dapat mengobati penderitaan korban ke depannya.

"Kalau bisa dipakai untuk modal usaha. Jadi, bisa membantu kehidupan korban dan keluarga," kata Lies.




(UWA)

KPK Diam-diam Sudah Periksa Ajudan Novanto

KPK Diam-diam Sudah Periksa Ajudan Novanto

3 hours Ago

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) diam-diam sudah memeriksa ajudan Setya Novanto, AKP Reza Pah…

BERITA LAINNYA