KPK Kembali Periksa Zumi Zola

Damar Iradat    •    Selasa, 05 Jun 2018 12:22 WIB
ott anggota dprd jambi
KPK Kembali Periksa Zumi Zola
Juru Bicara KPK Febri Diansyah--Antara/Reno Esnir

Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali menjadwalkan pemeriksaan terhadap Gubernur Jambi nonaktif Zumi Zola. KPK bakal mendalami lebih lanjut soal dugaan gratifikasi yang diterima Zumi.

"Yang bersangkutan akan diperiksa dengan statusnya sebagai tersangka," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi di Jakarta, Selasa, 5 Juni 2018.

Baca: Zumi Zola Ajukan Diri Jadi Justice Collabolator

KPK sebelumnya memastikan akan terus mendalami perkara yang menjerat Zumi, termasuk dengan memintai keterangan anggota keluarganya. Komisi Antirasuah itu memang sudah berulang kali memanggil anggota keluarga Zumi.

KPK menetapkan Gubernur Jambi Zumi Zola bersama Plt Kadis PUPR Jambi Arfan sebagai tersangka suap dan gratifikasi atas proyek-proyek di Pemprov Jambi senilai Rp6 miliar. Zumi Zola dan Arfan diduga kuat 'memalak' sejumlah pengusaha dengan dalil izin sejumlah proyek di Pemprov Jambi.

Baca: Zumi Zola Mengaku Bersalah

Fulus gratifikasi yang diterima dari sejumlah proyek itu disiapkan Zumi Zola sebagai 'uang ketok' agar DPRD Jambi memuluskan APBD Jambi Tahun Anggaran 2018.

Zumi Zola dan Arfan disangkakan Pasal 12 huruf B Undang-Undang (UU) Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tipikor sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 Juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.



(YDH)

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

Irvanto Kecewa Divonis 10 Tahun Penjara

6 days Ago

Vonis untuk Irvanto Hendra Pambudi dianggap lebih berat ketimbang vonis pelaku-pelaku utama&nbs…

BERITA LAINNYA