Wali Kota Kena KPK, Warga Cilegon Sujud Syukur

Batur Parisi    •    Sabtu, 23 Sep 2017 15:19 WIB
ott kpk
Wali Kota Kena KPK, Warga Cilegon Sujud Syukur
Wali Kota Cilegon Iman Ariyadi (tengah) saat dilantik oleh mantan Gubernur Banten Rano Karno. Foto: Antara/Asep Fathulrahman

Metrotvnews.com, Pandeglang: Warga Kota Cilegon bersyukur Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap tangan Iman Ariyadi. Iman adalah wali kota Cilegon yang sudah menjabat sejak 2012.

"Dinasti di Cilegon tak kalah dengan di provinsi (Banten). Sama-sama satu keluarga," kata Aryo Wibisono, warga Kelurahan Kebondalem, Kota Cilegon, Banten, Sabtu 23 September 2017.

Aryo bersama sejumlah rekannya melakukan sujud syukur di pinggir pantai Taman Nasional Ujung Kulon merayakan penangkapan ini.

Menurut dia, daerah berjuluk Kota Baja itu pemantauan khusus dari komisi Antirasuah. Karena, sejak berdiri pada 2000, Cilegon dipimpin secara turun-temurun dari satu satu keluarga. Dimulai oleh Tb. Aat Syafaat yang menjabat wali kota Cilegon selam dua periode, yakni 2002-2012, dan dilanjutkna Iman pada 2012 hingga sekarang.

"KPK jangan pernah berhenti membersihkan korupsi di Cilegon," kata Yoseph Aulia, warga Kota Cilegon lainnya.

Baca: OTT di Banten, Satu Kepala Daerah Ikut Ditangkap KPK

KPK menangkap 10 orang dalam OTT yang dilakukan sejak Jumat malam hingga Sabtu dini hari tadi. "Sejauh ini ditangkap sekitar 10 orang, di antaranya kepala daerah, pejabat dinas, dan (pihak) swasta," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah.

Febri mengatakan indikasi awal ada transaksi terkait dengan proses perizinan kawasan industri di salah satu kabupaten/kota di Banten. Uang ratusan juta ikut disita sebagai barang bukti.




(UWA)