Banyak Petugas KPK Enggan Dipersenjatai

Surya Perkasa    •    Rabu, 17 May 2017 23:41 WIB
kpk
Banyak Petugas KPK Enggan Dipersenjatai
Wakil Ketua KPK Alexander Marwata - MI/Rommy Pujianto

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sudah berkoordinasi dengan polisi untuk izin mempersenjatai petugasnya. KPK menyebut memiliki senjata api yang cukup untuk diberikan ke jaksa, penyidik, dan penyelidik.

"Kita sudah mengajukan izin penggunaan senjata api. Kita punya hampir 100 pucuk," kata Wakil Ketua KPK Alexander Marwata di Gedung KPK, Jakarta, Rabu 17 Mei 2017.

Senjata ini dapat digunakan untuk melindungi petugas garis depan komisi antirasuah. Tujuan mempersenjatai para petugas ini untuk antisipasi kejadian yang dapat membahayakan dalam pengungkapan kasus korupsi di Indonesia.

Petugas KPK memang acap kali mendapat ancaman dan serangan dalam penanganan kasus. Penyiraman air keras ke penyidik senior KPK Novel Baswedan merupakan kasus penyerangan mutakhir.‎

Alex mengaku arahan dan permintaan izin untuk mempersenjatai petugas penting sudah diajukan sejak lama. Namun, banyak petugas KPK yang merasa enggan dipersenjatai beceng.

"Kita tawarkan juga tak semua mau kok. Saya ditawari juga tidak mau," papar Alex.

Banyak petugas beralasan tak mau ambil risiko memegang pistol. Mereka khawatir tak bisa mengendalikan emosi dan justru menimbulkan masalah baru.


(REN)

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

1 day Ago

KPK akan tetap menghadapi proses persidangan selanjutnya yang masuk dalam tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA