Tuduh PDIP Sarang PKI, Alfian Tanjung akan Diperiksa

Deny Irwanto    •    Kamis, 18 May 2017 14:33 WIB
ujaran kebencian
Tuduh PDIP Sarang PKI, Alfian Tanjung akan Diperiksa
Alfian Tanjung akan diperiksa Polda Metro Jaya. Foto: MI/Bary Fathahillah

Metrotvnews.com, Jakarta: Penyidik Ditreskrimsus Polda Metro Jaya mengagendakan pemeriksaan terhadap Alfian Tanjung terkait dugaan ujaran kebencian. Alfian diduga menyebut kader PDI Perjuangan dan orang dekat Presiden Joko Widodo adalah kader Partai Komunis Indonesia (PKI). 

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan, hari ini merupakan panggilan pertama terhadap Alfian sebagai saksi. Namun pantauan di lokasi hingga pukul 12.30 WIB, Alfian belum tampak hadir.

"Agendanya hari ini ya. Tentu kami tunggu ya, nanti setelah diperiksa sebagai saksi kemudian nanti akan diselidiki," ujar Argo di Mapolda Metro Jaya, Kamis 18 Mei 2017.

Argo menjelaskan, Alfian akan diperiksa terkait cuitan di akun Twitter miliknya yang menyebut kebanyakan kader PDI Perjuangan adalah PKI.

Dalam kasus tersebut, lanjut Argo, polisi masih mengumpulkan sejumlah keterangan saksi ahli dan alat bukti. Setelah keterangan saksi dan bukti yang dimiliki penyidik dirasa cukup, selanjutnya penyidik akan melakukan gelar perkara untuk menentukan tingkap penyelidikan menjadi penyidikan.

"Nanti kami gelar, apakah ada atau tidak unsur pidananya. Nanti kalau ada pidana ya kami (tingkatkan) penyidikan," jelas Argo. 

Sebelumnya Alfian Tanjung juga pernah berurusan dengan Kepala Staf Presiden Teten Masduki. Teten pernah dituduh sebagai kader PKI oleh Alfian.


(MBM)

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

1 day Ago

KPK akan tetap menghadapi proses persidangan selanjutnya yang masuk dalam tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA