Bareskrim akan Periksa Sejumlah Artis Terkait Kasus First Travel

Ilham wibowo    •    Jumat, 18 Aug 2017 16:09 WIB
kemelut first travel
Bareskrim akan Periksa Sejumlah Artis Terkait Kasus First Travel
Kepala Badan Reserse Kriminal Polri Komjen Ari Dono Sukmanto - MTVN/Ilham Wibowo

Metrotvnews.com, Jakarta: Badan Reserse Kriminal (Bareskrim) Polri akan memeriksa seluruh pihak yang terlibat dalam kasus First Travel. Termasuk, sejumlah artis yang pergi umrah dengan First Travel. 

Kepala Badan Reserse Kriminal Polri Komjen Ari Dono Sukmanto mengatakan, pemeriksaan terhadap para artis untuk menelisik aliran dana perusahaan travel milik tersangka Andika Surachman dan Anniesa Desvitasari Hasibuan itu. Para publik figur tersebut kerap muncul untuk mempromosikan First Travel.

"Nah ini mereka bisa mengetahui dan tidak mengetahui. Tentu perlu diperiksa," kata Ari di Bareskrim Polri, Gedung Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP), Jakarta Pusat, Jumat 18 Agustus 2017.

Sejumlah artis yang diketahui pernah bekerja sama dengan First Travel antara lain Syahrini, Ria Irawan, dan almarhumah Julia Perez. Mereka pernah diberkangkatkan umrah lewat jasa First Travel.

"Siapa yang tidak mau dibiayai umrah? Arah Bareskrim menggali sejauh dan sebanyak apa orang yang terlibat dalam kasus tersebut," kata Ari.

First Travel tengah tersandung kasus. Penyedia jasa umrah bertarif murah meriah itu dipolisikan para agen dan calon jemaahnya.

First Travel diduga melakukan penipuan lantaran banyak calon jemaah yang tak kunjung diberangkatkan. Padahal, banyak dari mereka sudah menunggu diberangkatkan umrah hingga dua tahun.

Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Kombes Martinus Sitompul mengatakan, sekitar 30 ribu calon jemaah First Travel tak kunjung diberangkatkan. Pada Jumat 4 Agustus 2017, pemilik First Travel, Andika Surrachman dan Anniesa Desvitasari Hasibuan dilaporkan ke Bareskrim Polri.

Pelapor yang terdiri dari agen dan calon jemaah mengaku kecewa karena First Travel tak kunjung memastikan tanggal keberangkatan ke Tanah Suci. Padahal, mereka telah melunasi pembayaran perjalanan ibadah umrah ke First Travel sejak 2015.

Bareskrim Polri menangkap Andika dan Anniesa di kompleks perkantoran Kementerian Agama RI pada Rabu 8 Agustus 2017 pukul 14.00 WIB. Pasangan suami istri itu dijerat Pasal 378 dan Pasal 372 KUHP jo Pasal 55 KUHP, serta Undang-undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik.
 


(REN)