Fakta Sidang Harus Didalami

Media Indonesia    •    Senin, 19 Jun 2017 08:38 WIB
korupsi alat kesehatan
Fakta Sidang Harus Didalami
Lima pimpinan KPK. Foto: MI.

Metrotvnews.com, Jakarta: Majelis hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) mengesampingkan fakta persidangan aliran dana ke Amien Rais karena dinilai tidak relevan dengan perkara dugaan korupsi Siti mantan Menteri Kesehatan Fadilah Supari. Fakta itu kemudian mendapat respons dari KPK.

"Biasanya yang menjadi fakta persidangan lebih punya beban moral untuk didalami lebih lanjut," kata Wakil Ketua KPK Saut Situmorang, Sabtu 19 Juni 2017.

KPK pun harus mendalami lebih dulu peran tiap nama terkait dengan transfer duit kepada mantan Ketua MPR tersebut. "Kalau yang bersangkutan nerima, tapi tidak tahu asalnya, bisa saja. Jadi ini sesuatu yang prematur untuk mengatakan ini bisa untuk ditindaklanjuti," ujar Saut.

Sebelumnya, dalam tuntutan terhadap Siti, Amien Rais disebut menerima aliran dana sebanyak enam kali dengan total Rp600 juta. Uang itu ditransfer dari rekening atas nama Yurida Adlani selaku sekretaris Yayasan Soetrisno Bachir Foundation.

Namun, dalam sidang Jumat 16 Juni 2017, majelis hakim Pengadilan Tipikor menyatakan aliran dana ke Amien Rais tidak relevan. Pendapat berbeda justru dilontarkan Indonesia Corruption Watch (ICW). Mereka menilai aliran dana tersebut relevan dengan perkara secara umum.

"Itu kan menjelaskan teori follow the money uang yang hasil korupsi itu mau ke mana," kata Koordinator Divisi Monitoring Pelayanan Publik (MPP) ICW Febri Hendri.

Padahal, menurut Febri, uang yang dikirimkan ke Amien Rais dan Sutrisno Bachir atas arahan Siti Fadilah. Menurut dia, bukti sangat relevan karena memperkuat dakwaan terhadap Siti.

"Jadi, menurut kami, ya sangat relevan. Kalau enggak, bagaimana dong, buat apa juga ada TPPU yang Pasal 5 itu bahwa menerima hasil korupsi kan juga pidana, ini hakimnya keliru kalau menurut kami," kata Febri.

Baca: ?Siti Fadilah Tidak Terkejut Divonis Empat Tahun Penjara

Febri mengatakan tidak keberatan dengan vonis Siti 4 tahun penjara. Akan tetapi, jika jaksa ingin banding terkait dengan pembuktian dana transfer ke Amien Rais untuk menjerat dengan pasal TPPU, menurut dia itu bisa saja.

Ia pun mendorong KPK memperdalam kajian tentang materi tuntutan terhadap Siti Fadilah yang menyebut ada transfer ke sejumlah pihak. "Ya kan KPK itu di dalam surat tuntutannya disebutkan uang ke Amien Rais atas arahan Siti Fadilah. Itu yang diperdalam. Pasti berkilah dan tidak mengakui kesalahannya, dapat uang itu memang diarahkan, tinggal cari bukti pendukung."





(OGI)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

1 day Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA