Zumi Zola Mengaku Terima Alphard dari Pengusaha

Damar Iradat    •    Senin, 08 Oct 2018 16:22 WIB
ott anggota dprd jambi
Zumi Zola Mengaku Terima Alphard dari Pengusaha
Gubernur nonaktif Jambi Zumi Zola/Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez

Jakarta: Terdakwa Gubernur nonaktif Jambi Zumi Zola mengakui menerima satu unit mobil Toyota Alphard senilai RP1,5 miliar. Mobil ia terima dari seorang pengusaha Joe Fandy Yoesman alias Asiang.

"Mobil Alphard saya akui saya terima dan saya sudah kembalikan kepada KPK," kata Zumi saat menanggapi keterangan para saksi di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin, 8 Oktobero 2018.

Pemberian mobil Alphard itu terungkap dalam persidangan. Sebelumnya, Asiang membantah telah memberikan Zumi sebuah mobil Alphard.

Baca: Kontraktor Bantah Menghadiahkan Zumi Zola Alphard

Dalam keterangannya, mobil itu tak diberikan secara cuma-cuma untuk Zumi, melainkan pinjaman. Bahkan, menurut Asiang, mobil itu berasal dari rental.

Namun, Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jambi Varial Adi Putra yang juga dihadirkan dalam persidangan menyebut Asiang pernah memberikan mobil tersebut kepada Zumi. Ia pernah dihubungi Kepala Badan Penghubun Daerah Jambi Amidy.

Baca: Zumi Marah Anak Buah tak Kumpulkan Banyak Fee

Dalam surat dakwaan, Zumi disebut menerima mobil Toyota Alphard dengan nomor polisi D 1043 VBM. Menurut jaksa, mobil tersebut dibeli sebuah dealer Toyota di Bandung, Jawa Barat.

Zumi juga didakwa menerima sejumlah gratifikasi sejumlah Rp44 miliar. Gratifikasi itu berasal dari sejumlah proyek di Jambi.


(OJE)