Saksi Kunci Lihat Ali Kalora CS Mutilasi Warga

Lukman Diah Sari    •    Rabu, 02 Jan 2019 14:57 WIB
terorisme
Saksi Kunci Lihat Ali Kalora CS Mutilasi Warga
Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo - Medcom.id/Sunnaholomi Halakrispen.

Jakarta: Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Dedi Prasetyo mengungkapkan aksi Ali Kalora cs memutilasi warga sipil dilihat warga. Polisi sudah memeriksa saksi kunci itu. 

"Dari DPO (daftar pencarian orang) yang diperlihatkan ke saksi kunci. Saksi kunci sudah membenarkan, 100 persen mengklarifikasi satu per satu foto," ujar Dedi di Mabes Polri, Jakarta, Rabu, 2 Januari 2019. 

Dedi mengungkapkan saksi kunci itu melihat langsung aksi keji kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT) pimpinan Ali. Dari penyelidikan, Satgas Tinombala menyimpulkan mutilasi dilakukan Ali cs.   

"Dari pendalamam satgas dan beberapa saksi di TKP yang melihat peristiwa tersebut, menyebut jumlah mereka (kelompok Ali Kalora) tidak banyak. Jumlahnya 10 orang," beber dia. 

Saat ini satgas tengah melakukan pengejaran terhadap Ali Kalora cs. Dedi memastikan kekuatan satgas cukup untuk menangkap pelaku. 

(Baca juga: 'Jihad' Ali Kalora Tak Lagi Relevan)

Pada Minggu, 30 Desember 2018 warga di Desa Salubanga, Sausu, Parigi Moutong, melaporkan penemuan potongan kepala. Mendapati informasi itu, polisi segera mendatangi lokasi temuan dan mengevakuasi potongan kepala. 

Selanjutnya, pada Senin pagi, 31 Desember 2018, polisi melanjutkan pencarian potongan tubuh korban. Potongan tubuh diketahui berada di pegunungan. 

Saat evakuasi potongan tubuh dilakukan, kendaraan petugas diadang batang pohon yang sengaja ditumbangkan di tengah jalan. Ketika anggota membuka jalan, petugas 
dihujani peluru dari lereng gunung dan bukit. Dua petugas terkena tembak. 

Dari proses identifikasi, korban diketahui berinisial RB alias A, 34, suku Toraja. Korban pekerja di ladang sekitar desa.  

(Baca juga: Kekuatan Kelompok Ali Kalora Kecil)





(REN)

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

KPK Periksa Eks Pejabat Kemendagri terkait KTP-el

2 weeks Ago

KPK memanggil Sekretaris Direktur Jenderal Administrasi Kependudukan Kementerian Dalam Neg…

BERITA LAINNYA