Mediasi Kepemilikan Lahan Cengkareng Kembali Gagal

Nur Azizah    •    Kamis, 11 Aug 2016 01:41 WIB
pembelian lahan cengkareng
Mediasi Kepemilikan Lahan Cengkareng Kembali Gagal
Lahan sengketa di Cengkareng Barat. Foto: Googlemaps.

Metrotvnews.com, Jakarta: Pengadilan Negeri Jakarta Pusat kembali menggelar mediasi antara Pemprov DKI Jakarta dan Kuasa Hukum Toeti Noezlar Soekarno. Dalam mediasi ketiga itu, kedua belah pihak belum juga menemukan kata sepakat.

Pemprov DKI Jakarta berkukuh bahwa Dinas Kelautan, Perikanan, dan Ketahanan Pangan (DKPKP) sebagai pemilik tunggal lahan seluas 4,6 hektare. Begitu pun sebaliknya, Toeti juga bersikeras lahan yang berada di Cengkareng Barat itu miliknya.

"Jadi, hari Ini mediasi gagal. Tadi ketemu juga sepuluh menit untuk pemberkasan forum mediasi," kata Kepala Seksi Sengketa DKI Jakarta, Johan Horas saat dihubungi, Jakarta, Rabu (10/8/2016).

Johan menegaskan, akan tetap melanjutkan kasus tersebut ke persidangan. Senin, 14 Agustus mendatang rencananya sidang perdana akan digelar.


Lahan di Cengkareng Barat yang kini bermasalah. MTVN/Wanda Indana

Hal senada juga disampaikan Taufik selaku kuasa hukum Toeti. Ia menuturkan, akan tetap melanjutkan kasus kepemilikan lahan hingga pokok perkara.

"Tapi mediasi itu akan terus berjalan sebelum hakim ketuk palu," ujar Taufik saat dikonfirmasi.

Taufik menegaskan, telah mengantongi sejumlah bukti berupa girik asli. Dalam girik yang ia pegang, lahan tersebut tertulis berada di Cengkareng Barat.

"Bukti-bukti dan data asli. Benar, kalau punya bu Toeti ada di Cengkareng Barat.  Kalau Dinas Pertanian merasa benar ya buktikan," ungkap Taufik.

Kasus ini mencuat usai Toeti Noezar Serkarno  melalui kuasanya Rudy Hartono Iskandar menjual lahan tersebut ke Dinas Perumahan dan Gedung DKI Jakarta pada 13 November tahun lalu. Toeti menjual tanah seharga Rp14,1 juta per meter dengan total Rp.668 miliar.

Belakangan, hasil audit BPK diketahui bahwa lahan yang dibeli dari Rudy milik Dinas Kelautan, Perikanan, dan Ketahanan Pangan Provinsi DKI Jakarta.


(AZF)

Istri Besuk Setya Novanto di Rutan KPK

Istri Besuk Setya Novanto di Rutan KPK

3 hours Ago

Keluarga telah diizinkan untuk membesuk Setya Novanto di Rutan KPK. Istri didampingi dua kolega…

BERITA LAINNYA