Presiden Jokowi: Saya Tak akan Intervensi Internal KPK

Lis Pratiwi    •    Jumat, 01 Sep 2017 19:55 WIB
kpknovel baswedankonflik internal kpk
Presiden Jokowi: Saya Tak akan Intervensi Internal KPK
Presiden Joko Widodo -- Foto: MI/ Panca Syurkani

Metrotvnews.com, Jakarta: Kedatangan Direktur Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Brigjen Arif Budiman dalam rapat panitia khusus (Pansus) hak angket KPK di DPR turut menjadi perhatian Presiden Joko Widodo. Presiden menegaskan tak akan mencampuri urusan internal KPK lantaran lembaga antikorupsi itu merupakan lembaga independen.
 
"Saya tidak ingin mencampuri. Nanti ada yang ngomong intervensi," ujar Jokowi usai merayakan Lebaran Idul Adha di Sukaraja, Sukabumi, Jawa Barat, Jumat 1 September 2017.
 
Tak hanya KPK, Jokowi juga menyatakan tak bakal mengintervensi panitia khusus (pansus) hak angket DPR. Pasalnya, hak angket tertuang dalam hak yang dimiliki DPR.
 
"Wilayahnya DPR, wilayah legislatif. Itu haknya DPR. Pansus haknya DPR. Angket haknya DPR," tambah mantan gubernur DKI Jakarta ini.

Baca: Laporan Dirdik KPK ke Polda Metro Dinilai Wajar
 
Jokowi juga mengingatkan semua pihak untuk memahami pembagian kewenangan antara institusi yang ada."Jadi tolong ini betul-betul dilihat, wilayahnya legislatif, wilayahnya KPK, wilayah eksekutif. Tolong ini dilihat," tutup dia.

Konflik di internal KPK  mencuat setelah Brigadir Jenderal Aris Budiman, Direktur Penyidikan KPK  nekad menghadiri undangan Panitia Khusus Hak Angket KPK di DPR, Selasa 29 Agustus 2017.

Arispun akhirnya dipanggil KPK untuk mengklarifikasi kehadirannya yang diduga membocorkan informasi internal ke pihak luar. Namun, keesokannya Aris Budiman malah melaporkan Novel Baswedan ke Polda Metro Jaya atas tuduhan pencemaran nama baik. Aris merasa nama baiknya dicemarkan oleh Novel melalui surat elektronik yang disebar ke sejumlah pegawai KPK.

Baca juga: Pimpinan KPK Belum Tahu Aris Laporkan Novel ke Polisi

 


(Des)

Sidang Praperadilan Setnov Digelar 30 November

Sidang Praperadilan Setnov Digelar 30 November

23 minutes Ago

PN Jakarta Selatan mengagendakan sidang perdana gugatan praperadilan Ketua DPR Setya Novanto pa…

BERITA LAINNYA