Nasib Cuti Ahok Diputuskan Kamis Depan

Intan fauzi    •    Rabu, 19 Oct 2016 14:48 WIB
Nasib Cuti Ahok Diputuskan Kamis Depan
Gubernur Provinsi DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama. (Foto: Antara/Akbar Nugroho)

Metrotvnews.com, Jakarta: Mahkamah Konstitusi (MK) akan memutuskan uji materi yang diajukan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, Kamis, 27 Oktober. MK kini masih mendengarkan paparan saksi ahli hukum pidana Syaiful Bakhri terkait masa cuti kampanye petahana yang diatur Undang-Undang Nomor 10 Tahun 2016 tentang Pilkada.
 
Sedianya ada dua saksi ahli yang akan diminta pendapat soal ini. Namun, Ketua Majelis Hakim Arief Hidayat meminta penjelasan saksi ahli lainnya disampaikan lewat tertulis.
 
"Kalau sudah ada keterangan tertulis tidak perlu dihadirkan, supaya rangkaian persidangan ini cepat selesai, keterangan ahli yang diajukan secara tertulis saja disusulkan bersamaan dengan kesimpulan," kata Arief di Gedung MK, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Rabu (19/10/2016).

Baca:
Presiden Bingung Jika Ahok-Djarot Cuti

 
Ahok-Djarot Serahkan Surat Bersedia Cuti

Arief mengatakan, sebelum uji materi UU Pilkada soal cuti kampanye diputuskan, majelis hakim akan meminta kesimpulan dari pemohon, pihak pemerintah, dan pihak terkait sebagai bahan pertimbangan.

"Pemohon perkara nomor 54, 55, dan 60, pemerintah, dan pihak terkait bisa menyerahkan seluruh kesimpulan, Kamis, 27 Oktober, pukul 10.00 WIB tanpa ada persidangan lagi," jelas Arief.
 
Di saat bersamaan, hakim MK akan memutuskan perkara uji materi tersebut. "Terakhir kesimpulan pada 27 Oktober pukul 10.00 WIB," tegas Arief.
 
Ahok tetap berharap dirinya bisa tidak cuti selama masa kampanye. Alasannya, masa cuti terlalu panjang, mulai 26 Oktober 2016 sampai dengan 11 Februari 2017. Padahal, itu masa kritis buat penyusunan APBD 2017 dan optimalisasi penyerapan APBD 2016.


(FZN)