Menhub Bakal Buat Regulasi Terkait Pilot yang Pakai Narkoba

Dian Ihsan Siregar    •    Rabu, 06 Dec 2017 03:14 WIB
sabunarkotika
Menhub Bakal Buat Regulasi Terkait Pilot yang Pakai Narkoba
Ilustrasi Pesawat lion Air. ANTARA FOTO/Fikri Yusuf

Tangerang: Kapten Pilot Lion Air JT 924, MS, 48, tertangkap tangan mengisap sabu di Hotel T-More Kupang, Nusa Tenggara Timur, Senin 4 Desember 2017, sekitar pukul 21.20 WITA.

MS ditangkap Satuan Narkoba Polres Kupang Kota dengan barang bukti sabu sebesar 0,3 gram. Dia langsung dibawa ke Polres Kupang Kota untuk diperiksa dan selanjutnya ditahan.

Adanya kembali tangkap tangan pilot yang menggunakan narkoba, membuat Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi berkeinginan merancang regulasi terkait awak angkutan yang menggunakan narkoba.

Regulasi yang akan dibuat, Menteri Budi mengaku, bersifat hukuman dan penanganan bagi pilot yang bermasalah dengan kriminal.

"Saya belum tahu, tapi ini akan kami tetapkan sebuah aturan," jelas Budi, ditemui dalam acara 'BUMN Expose Infrastruktur‎ Untuk Peningkatan Produktivits dan Mobilitas Masyarakat' di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Selasa, 5 Desember 2017.

Budi sendiri belum menerima info ada pilot Lion Air yang berinisial MS menggunakan sabu-sabu di Kupang. Jika ada keterkaitan dengan Lion Air, maka akan ikut diproses.

Baca: Kapten Pilot Lion Air Tertangkap Tangan Isap Sabu

"Nanti kami lihat, Lion Air terlibat atau tidak," tukas Budi Karya.

Sebelumnya, Kapolres Kupang Kota Ajun Komisaris Besar (AKB) Anton C Nugroho membenarkan, jika ada pilot Lion Air tertangkap menggunakan sabu-sabu di Kupang.

"Ya benar, Lion Air. Untuk keterangan resminya nanti konferensi pers jam 16.00 Wita," ujar Anton.

Sales and Services Departement Head PT Angkasa Pura 1 Bandara El Tari Kupang Kadir mengatakan saat ditangkap, MS sedang menginap di hotel.

"Sesuai aturan pilot yang menginap, kalau terbang keesokan harinya harus cek up narkoba dan alkohol oleh karantina kesehatan pelabuhan," ujarnya.

Terkait penangkapan MS, menurut Kadir, tidak ada gangguan dengan aktivitas penerbangan pesawat Lion Air di Bandara El Tari.

Baca: Lion Air bakal Pecat Pilot Tertangkap Nyabu


(LDS)

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

Kuasa Hukum Novanto Sebut Dakwaan KPK Bermasalah

1 day Ago

Pengacara terdakwa kasus korupsi KTP-el Setya Novanto, Maqdir Ismail menuding dakwaan milik KPK…

BERITA LAINNYA