Zumi Zola tak Mau Kehilangan Jabatan

M Sholahadhin Azhar    •    Rabu, 07 Feb 2018 13:30 WIB
ott anggota dprd jambi
Zumi Zola tak Mau Kehilangan Jabatan
Gubernur Jambi Zumi Zola menjawab pertanyaan wartawan seusai menjalani pemeriksaan di Gedung KPK, Jakarta. Foto: MI/Rommy Pujianto.

Jakarta: Gubernur Jambi Zumi Zola memilih tetap mempertahankan jabatannya walau sudah menjadi tersangka Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Dia tetap akan menjalankan roda pemerintahan Jambi sembari diproses hukum.

"Bahwa saya mengikuti menghormati semua tahapan atau proses hukum. Sebagai gubernur saya akan menjalankan tugas," kata Zumi saat rapat koordinasi gubernur (Rakorgub) di Jakarta Selatan, Rabu, 7 Februari 2018.

Ia telah berbicara dengan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo tentang jabatannya, baik soal kedinasan maupun tata kelola pemerintahan di Jambi. Zumi mengklaim Tjahjo tak mempermasalahkan jika dirinya tetap menjabat.

"Ya, tadi saya sudah bicarakan dengan Pak Mendagri," kata Zumi.

Baca: Jadi Tersangka, Zumi Zola Tetap Hadiri Rakor Gubernur se-Indonesia

Sebelumnya, Mendagri menyebut tak akan memberhentikan sementara Gubernur Jambi. "Enggak (diberhentikan), sampai nanti bagaimana proses penyidikan dan berkekuatan hukum tetap," kata Tjahjo.

Menurut dia, kasus Zumi berbeda dengan Bupati Jombang Nyono Suharli. Nyono ditahan KPK dicokok dalam operasi tangkap tangan (OTT). 

KPK, kata dia, punya dasar yang kuat saat membekuk Nyono. Alhasil, Mendagri memberhentikan sementara Nyono supaya fokus menjalani proses hukum. 

Sementara itu, kasus Zumi masih perlu pembuktian dari pengadilan. Zumi bisa diberhentikan sementara jika sudah diproses di persidangan dan duduk di kursi pesakitan.




(OGI)