Kasus Cuitan Ahmad Dhani Berlanjut

Faisal Abdalla    •    Rabu, 06 Dec 2017 16:06 WIB
ujaran kebencian
Kasus Cuitan Ahmad Dhani Berlanjut
Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Polisi Argo Yuwono--Antara/Retno Esnir

Jakarta: Polda Metro Jaya menetapkan musisi Ahmad Dhani sebagai tersangka ujaran kebencian. Polisi memastikan proses hukum kasus ini terus berlanjut. 

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Argo Yuwono, mengatakan akan tetap melanjutkan proses hukum Ahmad Dhani meski dikritik sejumlah pihak. Argo mengatakan penetapan status tersangka Ahmad Dhani sudah sesuai prosedur. 

"Kasus cuitan Ahmad Dhani ini ditangani oleh Polres Metro Jakarta Selatan. Polres Jaksel sudah melakukan penyelidikan kasus itu sejak Maret 2017. Kemudian naik jadi penyidikan. Makanya sudah didapatkan pelakunya. Pak Ahmad Dhani sudah ditetapkan sebagai tersangka," ujar Argo di Mapolda Metro Jaya, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Rabu 6 Desember 2017. 

Baca: Ahmad Dhani Jadi Tersangka Ujaran Kebencian

Terkait dengan adanya dukungan Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon terhadap Ahmad Dhani, Argo menegaskan dukungan itu tidak berpengaruh. Polisi akan tetap melanjutkan kasus ini. Sampai saat ini, Polisi masih melengkapi berkas perkara Ahamad Dhani. 

"Enggak ada (pengaruh) ya, kami lanjut saja melengkapi berkasnya, selanjutnya ke Kejaksaan" tegas Argo. 



Kasus Dhani bermula dari laporan yang diajukan pendiri Basuki Tjahaja Purnama (BTP) Network Jack Boyd Lapian. Dia melaporkan unggahan Dhani dalam akun Twitter @AHMADDHANIPRAST yang berbunyi: "Siapa saja yang dukung penista agama adalah bajingan yang perlu diludahi mukanya -ADP."

Pentolan grup musik Dewa 19 ini telah menjalani pemeriksaan sebagai saksi terlapor dalam kasus tersebut. Polisi juga telah memeriksa sejumlah saksi dan ahli pidana, ahli informasi dan transaksi elektronik, serta ahli bahasa.


(YDH)