KPK Siap Kerja Sama dengan Densus Antikorupsi

Damar Iradat    •    Selasa, 18 Jul 2017 11:40 WIB
polri
KPK Siap Kerja Sama dengan Densus Antikorupsi
Wakil Ketua KPK Laode M Syarif. Foto: MI/Romy

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) tidak khawatir dengan Detasemen Khusus Tindak Pidana Korupsi (Densus Antikorupsi) bentukan Polri. KPK mengapresiasi dan siap bekerjasama.
 
Wakil Ketua KPK Laode Muhammad Syarif mengatakan, KPK tak tersaingi dengan langkah tersebut. "Tentu KPK tidak merasa tersaingi dengan dibentuknya Densus Antikorupsi," kata Syarif saat dikonfirmasi, Selasa 18 Juli 2017.

Baca: Polri akan Bentuk Densus Antikorupsi

Menurutnya, pembentukan Densus Antikorupsi dapat meningkatkan efektivitas kerja kepolisian dalam rangka pemberantasan korupsi. Dia berharap, KPK dan Polri bisa berkoordinasi lebih baik.
 
Syarif mengatakan, KPK tetap bekerja sesuai tugas dan fungsinya sesuai Undang-Undang Nomor 30 Tahun 2002 tentang KPK. Ia memastikan, KPK tidak akan terganggu dengan kinerja Densus Antikorupsi. "KPK tetap bekerja sesuai tugas dan fungsinya," tegas dia.
 
Sebelumnya, dalam rapat dengar pendapar dengan Komisi III Kapolri Jenderal Tito Karnavian menyampaikan keinginannya membentuk Densus Antikorupsi. Tito memastikan, Densus Antikorupsi tidak untuk menyaingi KPK.

Baca: Polri Kaji Wacana Pembentukan Densus Anti-Korupsi

Densus Antikorupsi akan bekerja sama dengan KPK. Sebab, KPK hanya memiliki 150 penyidik. Hal ini, kata Tito, membuat KPK tak bisa menangani seluruh perkara korupsi.
 
Mantan Kepala Densus 88 Antiteror ini mengaku sudah melakukan focus group discussion (FGD) dari pihak internal maupun eksternal Polri. Nantinya, tim Densus Antikorupsi akan ditempatkan di bekas Gedung Polda Metro Jaya.


 


(FZN)