Sandiaga Bantah Terima Fee Proyek PT DGI

Damar Iradat    •    Rabu, 30 Aug 2017 13:33 WIB
korupsi alat kesehatan
Sandiaga Bantah Terima Fee Proyek PT DGI
Sandiaga Uno. Foto: MI/Rommy

Metrotvnews.com, Jakarta: Sandiaga Uno membantah PT Duta Graha Indah (DGI) menerima fee dari sejumlah proyek. PT DGI diketahui terlibat dalam kasus korupsi proyek pembangunan Rumah Sakit Uviersitas Udayana dan Wisma Atlet.
 
Sandiaga dihadirkan sebagai saksi dalam persidangan dengan terdakwa Dudung Purwadi. Majelis hakim sempat mengklarifikasi keterangan mantan Bendahara Umum Partai Demokrat, Muhammad Nazaruddin dalam Berita Acara Pemeriksaan.
 
"PT DGI siap memberikan komitmen fee sebesar 20 sampai 22 persen dari real cost kontrak yang diterima PT DGI. Sandiaga Uno juga menyampaikan PT DGI nanti dapat laba 15 persen dari tiap proyek," kata Ketua Majelis Hakim Sumpeno saat membacakan BAP Nazaruddin di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Rabu 30 Agustus 2017.

Baca: Sandiaga Tegaskan Dirut PT DGI Melanggar Hukum

Hakim kemudian mempertanyakan kebenaran keterangan Nazaruddin tersebut. Namun, Sandiaga secara tegas membantahnya.  "Tidak pernah, Yang Mulia," jawab Sandi.
 
Dalam kesempatan itu, Sandi juga membantah BAP Nazaruddin yang menyebut dirinya pernah bertemu dengan Dudung, Nazaruddin, dan mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum di Hotel Ritz Carlton. Pertemuan itu disebut untuk membahas komitmen fee bagi PT DGI.
 
Ketua Majelis Hakim Sumpeno sempat mengingatkan agar Sandiaga berkata jujur. Ia juga Sandiaga siap dikonfrontasi dengan saksi lain yang menyebutkan adanya pertemuan tersebut.
 
"Anda sudah disumpah, betul tidak pernah bertemu?" tanya hakim. Sandi menjawab, "Betul, Yang Mulia."
 
Sandi mengaku tidak terlalu mengetahui proyek yang digarap PT DGI. Pasalnya, dirinya hanya menjabat sebagai anggota dewan komisaris.
 
Sebagai anggota dewan komisaris, dirinya hanya mendapat laporan soal proyek secara keseluruhan, tidak secara mendetil. Selain itu, ia hanya ditugaskan memberi masukan soal tren ekonomi dan aktivitas pasar modal.

Baca: Bekas Perusahaan Sandiaga Jadi Tersangka Korupsi


Sandi mengatakan, ia baru mengetahui perusahaannya terbelit kasus saat kabar ditangkapnya Manajer Pemasaran PT DGI Muhammad Idris mulai merebak.
 
"Setelah itu baru kami mendapat pemeritahuan dan di-briefing dewan direksi," kata Sandiaga.
 
Sandi mengatakan, dirinya mengundurkan diri sebagai anggota dewan komisaris PT DGI pada 2016. Keputusannya didasari mulai padatnya aktivitas politiknya, dan tidak ingin ada konflik kepentingan dengan menjadi anggota dewan komisaris.
 
"Sehingga saya meninggalkan seluruh bisnis yang dijalani," kata Sandiaga.




(FZN)

Politikus PKB Bantah Kenal Dirut Quadra Solution

Politikus PKB Bantah Kenal Dirut Quadra Solution

58 minutes Ago

KPK menetapkan Direktur Utama PT Quadra Solution Anang Sugiana Sudiharjo sebagai tersangka koru…

BERITA LAINNYA