Brotoseno Dituntut Tujuh Tahun Penjara

Surya Perkasa    •    Kamis, 18 May 2017 17:04 WIB
dugaan korupsi
Brotoseno Dituntut Tujuh Tahun Penjara
Brotoseno. Foto: Antara/Fanny Octavianus

Metrotvnews.com, Jakarta: Kepala Unit Tindak Pidana Korupsi Badan Reserse Kriminal Polri, AKBP Brotoseno, dituntut tujuh tahun penjara. Dia dianggap terbukti menerima suap dari penanganan kasus korupsi cetak sawah di Kalimantan Barat.

"Terbukti secara dan meyakinkan melanggar Pasal 12 huruf a UU Nomor 31 Tahun 1999 yang telah diubah dalam UU 20 tahun 2001 jo pasal 55 ayat 1 ke-1 jo Pasal 64 ayat 1 KUHP," kata Jaksa saat membacakan tuntutan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Kamis 18 Mei 2017.

Selain dituntut pidana penjara, dia juga dituntut pidana denda Rp300 juta subsider enam bulan kurungan. Banyak pertimbangan yang dianggap memberatkan. Brotoseno dianggap tak mengakui perbuatannya.

Brotoseno juga tidak memberikan contoh baik dalam memperbaiki kinerja kepolisian mengingat jabatannya. Selain itu, dia juga pernah bertugas menjadi penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Sedangkan sikap Brotoseno yang sopan dianggap sebagai pertimbangan yang meringankan hukumannya.

Baca: Kalau Terbukti, Brotoseno Harus Dipecat

Brotoseno terkena operasi tangkap tangan yang dipimpin Kepala Divisi Propam Irjen Idham Aziz. Brotoseno diduga menerima suap dari penanganan kasus korupsi cetak sawah di Kalimantan Barat.

Dia menerima fulus senilai Rp1,9 miliar secara bertahap. Dia juga menerima 10 tiket perjalanan pesawat kelas bisnis.




(UWA)

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

KPK Hormati Putusan Sela Praperadilan Novanto

1 day Ago

KPK akan tetap menghadapi proses persidangan selanjutnya yang masuk dalam tahap pembuktian.

BERITA LAINNYA