Filosofi Audit Firaun Sebutan BPK untuk Kemendes, Kemenko PMK dan DPR

Juven Martua Sitompul    •    Kamis, 05 Oct 2017 07:00 WIB
suap di bpk
Filosofi Audit Firaun Sebutan BPK untuk Kemendes, Kemenko PMK dan DPR
Tersangka Auditor Utama Keuangan Negara (AKN) III Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Rochmadi Saptogiri meninggalkan Gedung KPK seusai menjalani pemeriksaan di Jakarta -- Foto: MI/ ROMMY PUJIANTO

Metrotvnews.com, Jakarta: Auditor Utama Keuangan Negara III BPK Rochmadi Saptogiri dihadirkan sebagai saksi dalam persidangan dua terdakwa pejabat Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT), yakni Sugito dan Jarot Budi Prabowo.

Dalam sidang kali ini, terungkap istilah filosofi audit firaun. Jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendapat istilah itu dari rekaman percakapan Rochmadi dengan Anggota III BPK Eddy Mulyadi Soepardi.

"Ada istilah filosofi audit firaun dalam rekaman, apa maksudnya?" tanya jaksa KPK M Takdir Suhan dalam sidang di Pengadilan Tipikor Jakarta, Rabu 4 Oktober 2017.

Menanggapi pertanyaan jaksa KPK, Rochmadi berkelit mengaku tidak memahami istilah tersebut. Dia menyebut istilah itu guyonan Eddy Mulyadi.

"Saya tidak tahu tapi Prof Eddy memang sering bercanda, saya tahu tipe Beliau," ujarnya.

(Baca juga: KPK Dalami Pertemuan Mendes dengan Auditor BPK)

Dalam berita acara pemeriksaan (BAP) awal, kepada penyidik KPK Rochmadi menjelaskan bahwa filosofi audit firaun itu sebutan untuk pemeriksaan laporan keuangan Kemendes, Sekretariat Kabinet, Sekretariat Negara, Kementerian Koordinator Pemberdayaan Manusia dan Kebudayaan, serta Dewan Perwakilan Rakyat (DPR).

Kendati begitu, pada persidangan Rochmadi mengakui laporan keuangan Kemendes pada 2015 bermasalah secara signifikan. Bahkan, opini keuangan Kemendes jauh dari wajar tanpa pengecualian (WTP).

"Saya sangat dekat dengan Prof Eddy. Saya memaknai Beliau melakukan penekanan. Anda kalau memeriksa harus strict, seperti baja. Pengertian saya seperti itu," pungkas Rochmadi.

(Baca juga: Pegawai Kemendes Traktir Auditor BPK Karaoke)


(Des)