KPK Klaim dapat Informasi Baru Keterlibatan Novanto di Korupsi KTP-el

Juven Martua Sitompul    •    Rabu, 18 Oct 2017 11:10 WIB
korupsi e-ktp
KPK Klaim dapat Informasi Baru Keterlibatan Novanto di Korupsi KTP-el
Juru Bicara KPK Febri Diansyah. (Foto: MI/Rommy Pujianto).

Metrotvnews.com, Jakarta: Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendapat informasi baru ihwal keterlibatan Setya Novanto dalam dugaan korupsi proyek pengadaan KTP elektronik (KTP-el). Penyidik terus merampungkan penyelidikan. 

"Kami masih dalam proses mengurut kembali, memperkuat fakta-fakta dan bukti yang sudah kami miliki. Apalagi ada beberapa informasi baru yang muncul di proses penyidikan sebelumnya," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi, Jakarta, Rabu 18 Oktober 2017.

Febri menyebut, penyidik juga terus memperkuat konstruksi hukum pada pusaran rasuah tersebut. Dia menegaskan, pihaknya tidak akan berhenti mengembangkan kasus yang merugikan uang negara hingga Rp2,3 triliun tersebut.

"Jadi memang dalam ruang lingkup itulah proses penyelidikan dilakukan," tutur dia. 

Febri menyatakan untuk menjerat pihak yang diduga terlibat termasuk Novanto, penyidik masih memerlukan keterangan sejumlah saksi untuk memperkuat peristiwa atau fakta-fakta pada kasus tersebut.

"Jadi kepentingannya untuk memperkuat KTP-el ke depan karena yang dirugikan bukan hanya sedikit orang tapi banyak pihak," pungkas Febri.

KPK sebelumnya menetapkan Novanto sebagai tersangka korupsi KTP elektronik (KTP-el). Novanto bersama dengan tersangka Andi Narogong diduga ikut andil mengatur proyek senilai Rp5,9 triliun dari mulai penganggaran, pengerjaan hingga pengadaan KTP-el.

Novanto dan Andi Narogong juga disebut telah mengeruk keuntungan sebesar Rp574,2 miliar dari proyek tersebut. Namun, status tersangka Novanto itu gugur setelah Hakim Tunggal Praperadilan Cepi Iskandar memenangkan gugatannya.

Dalam amar putusannya, Hakim Cepi menganggap penetapan tersangka KPK terhadap Novanto menyimpang dan tidak sah. Dengan begitu, penetapan tersangka Novanto tidak memiliki kekuatan hukum.




(REN)

KPK akan Pelajari Laporan Harta Kekayaan Novanto

KPK akan Pelajari Laporan Harta Kekayaan Novanto

4 hours Ago

Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) milik Setya Novanto menjadi pintu masuk Kom…

BERITA LAINNYA