Bukti Toksikologi tidak Tunjukan Sianida Masuk Lewat Mulut Mirna

Arga sumantri    •    Rabu, 21 Sep 2016 20:08 WIB
kematian mirna
Bukti Toksikologi tidak Tunjukan Sianida Masuk Lewat Mulut Mirna
Terdakwa kasus kematian Mirna Wayan Salihin, Jessica Kumala Wongso, dan pengacaranya, Otto Hasibuan, mendengarkan keterangan saksi ahli psikologi UI Dewi Taviana pada sidang ke-22 di PN Jakpus -- ANT/Rosa Panggabean

Metrotvnews.com, Jakarta: Michael Robertson, ahli farmakologi dan toksikologi dari Australia, menyebut tidak ada bukti toksikologi bila sianida masuk lewat mulut Wayan Mirna. Laporan pemeriksaan dokter forensik tidak menunjukkan adanya sianida di sejumlah organ tubuh Mirna.

Robertson melihat, dalam berkas laporan forensik Mirna disebutkan pada organ hati, empedu, dan urine, negatif sianida. Artinya, dokter tidak tidak menemukan sianida pada organ tersebut.

Sementara itu, sebanyak 0,2 miligram sianida ada di lambung Mirna. Takaran itu, menurut Robertaon, tergolong kecil dan bisa disebabkan faktor lain bukan hanya karena sianida.

"Tanpa adanya sianida di lambung atau urin, maka tidak ada bukti toksikologi orang keracunan," kata Robertson di Ruang Sidang Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Rabu (21/9/2016).

Terkait kandungan asam atau PH lambung Mirna yang lebih tinggi dari takaran yang semestinya, kata dia, itu bisa disebabkan karena hal lain. Sedianya, PH lambung orang normal ada di angka 1 sampai 3, sementara di lambung Mirna, kada PH-nya sebanyak 5,5.

Jaksa Penuntut Umum (JPU) lantas coba meminta penegasan. Apakah mungkin sianida itu masuk lewat mulut melalui kopi. Mengingat, laporan forensik menemukan adanya kafein di hati, urine dan empedu.

"Apa itu tidak bisa membuktikan ada sianida atau zat lainnya di tubuh?” tanya JPU.

Menurut Robertson, kafein akan dijumpai pada organ tubuh orang yang minum kopi dan teh. Sehingga, bisa saja, kafein tersebut berasal dari minuman yang diminum Mirna beberapa hari sebelumnya.

Dari gejala yang ada pada Mirna sebelum semaput, Robertson setuju kalau ada kemungkinkan Mirna mengalami keracunan. Tapi, ia tidak sepakat, kalau benar sianida yang jadi penyebabnya, apalagi masuk melalui mulut Mirna.

"Bukti toksikologi tidak menunjukkan sianida masuk lewat mulut," ungkap Robertson.


(OGI)

Cerita Dibalik <i>Wefie</i> Tiga Paslon Cagub-cawagub DKI

Cerita Dibalik Wefie Tiga Paslon Cagub-cawagub DKI

1 hour Ago

Anies Baswedan rupanya penggagas wefie bareng para kandidat calon pemimpin DKI Jakarta.…

BERITA LAINNYA
Video /